Rumah Sakit Lapangan di Benteng Vastenburg Diresmikan

Rumah Sakit Lapangan di Benteng Vastenburg Diresmikan

Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) rujukan Covid-19 di Benteng Vastenburg Solo diresmikan oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, pada hari Rabu (24/2).

Rumkitlap tersebut terdiri dari tenda-tenda dengan sejumlah fasilitas untuk menangani pasien Covid-19.

Pangdam menyebut bahwa pembangunan fasilitas itu merupakan bagian dari kontribusi TNI untuk menangani kasus Covid-19 bagi masyarakat Solo Raya dan Jawa Tengah pada umumnya

Pangdam mengatakan, “Rumah sakit ini menggunakan peralatan portabel”.

Menurutnya, semua peralatan yang ada di tempat itu sangat efektif untuk penggunaan di kondisi darurat.

Walau didirikan oleh institusi militer, Pangdam menyampaikan bahwa pelayanan di rumah sakit itu diperuntukkan bagi masyarakat umum.

“Masyarakat tidak perlu sungkan untuk meminta perawatan di sini,” tuturnya.

Baca Juga:  Anindya Bakrie Bertemu Gibran, Bahas Apa?

Ia juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Solo dalam pengoperasian rumah sakit lapangan tersebut.

Selain untuk perawatan pasien Covid-19, rumah sakit lapangan tersebut juga akan digunakan untuk pelayanan penyuntikan vaksin.

Dalam laporannya, Komandan Rumkitlap Letkol Ckm Ardianto Pramono mengatakan, Rumkitlap di Benteng Vasnteburg ini merupakan rumah sakit yang digelar oleh TNI AD yang diinisiasi oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Inisiasi rumkitlap tersebut untuk mendukung program pemerintah pusat dalam menanggulangi pandemi Covid-19 di wilayah Solo Raya.

Rumkitlap tersebut terdiri dari 20 tenda yang mencakup dua tenda tenaga kesehatan dan pusat komando, instalasi gawat darurat (IGD), laboratorium rontgen, laboratorium farmasi, serta ruang perawatan baik perawatan biasa maupun bertekanan negatif. Selain itu, juga dilengkapi ruang dekontaminasi.

Baca Juga:  Tak Hanya Ketemu Gibran, Anindya Bakrie Juga Pantau Seleksi Pemain Persis Solo

Sementara itu, Ahyani selaku Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 menyabut bahwa alur pelayanan di rumah sakit lapangan itu secara umum sama dengan rumah sakit lainnya.

Ahyani menuturkan, “Harus ada rujukan dari puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya”.

Ahyani juga menambahkan bahwa warga dari luar Kota Solo juga bisa memanfaatkan keberadaan rumah sakit lapangan tersebut.

Tags: , ,