Rumah Sakit Lapangan TNI di Benteng Vastenburg Beroperasi Pekan Depan

Rumah Sakit Lapangan TNI di Benteng Vastenburg Beroperasi Pekan Depan

Rumah sakit lapangan darurat untuk pasien Covid-19 yang tengah didirikan di kawasan Benteng Vastenburg Kota Solo diperkirakan bisa beroperasi pada pekan depan.

Seperti yang diketahui, saat ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) tengah memasang peralatan medis di rumah sakit yang berdiri di kawasan benteng peninggalan Belanda tersebut.

Pada hari Kamis (28/1/2021) kemarin, Kolonel Inf Rano Tilaar -Komandan Korem 074 Warastratama Solo- menuturkan, “Saat ini kelengkapan Rumkitlap tinggal menunggu penginstalasian alat kesehatan”.

Para pekerja kini tengah memasukkan beberapa peralatan pendukung seperti pendingin ruangan, peralatan listrik serta peralatan kesehatan.

Terkait dengan pemasangannya alat-alat tersebut, diperkirakan memakan waktu hingga beberapa hari ke depan.

Menurutnya, pengoperasian rumah sakit di kompleks Benteng Vastenburg ini juga masih menunggu adaptasi tenaga kesehatan yang akan bertugas di rumah sakit tersebut.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

Setelah adaptasi selesai, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo serta beberapa kabupaten sekitar.

Adaptasi dibutuhkan karena tenaga kesehatan yang akan ditugaskan tidak terbiasa bekerja di lapangan dibandingkan di dalam ruangan.

“Tenaga kesehatan dari rumah sakit permanen, mereka selama ini belum pernah melakukan pelayanan di rumah sakit lapangan dengan tenda-tenda portabel seperti ini,” ujarnya.

Rano menyampaikan, tenaga kesehatan yang akan digunakan nantinya berasal dari RS Tentara Slamet Riyadi Solo. Ada sekitar 100 orang yang akan bertugas secara shift di Vastenburg.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembangunan infrastruktur RS TNI AD, dimulai sejak Jumat 22 Januari lalu. Logistik untuk pembangunan rumah sakit darurat Covid-19 dikirimkan dari Jakarta.

Baca Juga:  Proyek Revitalisasi Jembatan Mojo Sudah Dimulai, Hanya Kendaraan Roda 2 yang Bisa Lewat

“Logistik untuk pembangunan rumah sakit telah tiba hari ini. Dan hari ini juga akan dilaksanakan gelar, kita dibantu oleh relawan, KNPI dan Menwa. Sinergitas ini menunjukkan sedemikian besar antusias masyarakat Surakarta dalam menyambut bantuan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) untuk mendirikan rumah sakit lapangan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk menekan angka Covid-19 di Kota Solo,” ujar Rano saat itu.

Tags: , ,