Rumkitlap Benteng Vastenburg Jadi Lokasi Vaksinasi

Rumkitlap Benteng Vastenburg Jadi Lokasi Vaksinasi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka setuju jika Rumah sakit lapangan (Rumkitlap) TNI AD di Benteng Vastenburg menjadi lokasi vaksinasi.

Selain itu, faskes tersebut juga turut dipersiapkan untuk menghadapi kasus Covid-19 yang diprediksi kembali melonjak jelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Kolonel (Inf) Rano Tilaar selaku Danrem 074 Warastratama menyampaikan bahwa Rumkitlap harus beroperasi secara terintregasi dan terkoneksi sejalan dengan upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh berbagai daerah di Soloraya.

Pada hari Sabtu (27/2/2021) lalu, Rano menuturkan, “Kondisinya saat ini belum ada pasien, jadi belum ada virus. Nanti kalau ada pasien, ini menjadi daerah terlarang. Jangan sampai terjadi ledakan kasus Covid-19. Hal yang perlu digarisbawahi adalah dua bulan lagi kita Puasa dan Idul Fitri, tradisi orang Jawa harus mudik. Ini bisa memicu angka masyarakat yang terkena Covid-19. Maka, ini bagian dari antisipasinya. Kami sudah siapkan fasilitas dan tenaga kesehatannya”.

Baca Juga:  Proyek Masjid Kado Pangeran Arab Belum Mulai, Ini Penjelasan Gibran

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini pembangunan Rumkitlap tidak berhenti di infrastruktur tapi juga alih teknologi. Yang dimaksud Rano adalah perlengkapan kesehatan yang digunakan di dalamnya canggih dan bersifat portable.

Selama belum ada pasien, maka para tenaga kesehatan (Nakes) dibekali bimbingan teknis untuk pengoperasian berbagai alat tersebut.

“Kami punya alat rontgen beroda (portable) yang bisa digeser dari satu tempat ke tempat lain. Selama ini nakes di RST (DKT) biasanya bekerja di RS permanen, sekarang bekerja di sini RS bertenda. Maka ada bimbingan teknis untuk penguasaan peralatan”, katanya lagi

Saat mengunjungi faskes tersebut, Gibran mengecek tiap ruangan, dari IGD, laboratorium, bangsal, hingga ICU.

Baca Juga:  Anindya Bakrie Bertemu Gibran, Bahas Apa?

Meski rumah sakit itu telah siap, namun Gibran juga optimistis bahwa grafik kasus Covid-19 di Kota Solo landai. Dengan demikian, rumah sakit ini untuk antisipasi dan cadangan jika terjadi ledakan. Gibran juga sependapat bila nantinya lokasi ini dijadikan lokasi pemberian vaksinasi bagi masyarakat.

“Itu nanti koordinasinya dengan dinkes (dinas kesehatan) ya. Seperti vaksinasi guru kita rencanakan menggunakan Pendhapa Balai Kota. Saya kira di sini juga cocok dan layak”, jelasnya.

Tags: , ,