Saat Libur Panjang, Pengunjung Grojogan Sewu Bakal Dites Covid-19

Saat Libur Panjang, Pengunjung Grojogan Sewu Bakal Dites Covid-19

Pada musim libur panjang akhir Oktober 2020, pengunjung objek wisata Grojogan Sewu Karanganyar bakal disasar rapid test Covid-19 secara acak.

Purwati selaku Plt Kepala Dinkes Kabupaten Karanganyar menerangkan bahwa kegiatan tersebut digelar atas kerja sama petugas Balkesmas Klaten dibantu Puskesmas.

Pada hari Selasa (27/10/2020) kemarin, Purwanti menuturkan, “Tadi mendapat arahan. Dari tanggal 28 Oktober sampai 1 November itu di Grojogan Sewu dilaksanakan rapid test random untuk wisatawan. Khusus wisatawan”.

Bilamana hasil rapid test Covid-19 tersebut menyatakan bahwa wisatawan tersebut reaktif maka akan dilanjutkan dengan tes swab.

Rencananya petugas dari Balkesmas Klaten dan Puskesmas Tawangmangu hanya akan menyasar pengunjung di objek wisata Grojogan Sewu.

Baca Juga:  Sebulan Tambah 1.000 Kasus Covid-19, Wali Kota Solo Minta Warganya Tak Mudik

Purwanti menjelaskan, “Sasaran di situ (Grojogan Sewu) saja. Siapa yang wisata ke situ. Tetapi random. Tidak harus yang suhu tubuh di atas 37,5 derajat kemudian rapid test. Orang dari jauh kan kenalnya Grojogan Sewu,” ujarnya.

Namun, Purwati tidak mengetahui target peserta tes cepat Covid-19 di Grojogan Sewu tersebut.

Purwanti menyebut persoalan teknis menjadi kewenangan Balkesmas Klaten.

“Petugas dan peralatan dari Balkesmas Klaten. Kami mendukung kerja saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Warsito -Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Karanganyar- mengakui belum mengetahui apakah tes cepat hanya akan dilaksanakan di Grojogan Sewu atau masih memungkinkan bergeser ke objek wisata lain.

Baca Juga:  Imbas Animo Tanaman Hias Tinggi, Pameran Agrobisnis di Mal Digelar

Warsito mengatakan, “Bisa juga pengunjung masuk objek wisata dicek suhu. Kalau suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat ya rapid test. Kalau reaktif dilakukan swab test. Pengunjung yang masuk ke Grojogan Sewu di-screening. Sementara di situ (Grojogan Sewu). Belum tahu kalau pindah ke tempat lain,” tambahnya.

Tags: , ,