Satgas Covid-19 Solo: Ada Pelaku Hajatan yang Bikin Aturan Sendiri!

Surat Edaran (SE) terkait penegakan kedisiplinan terkait protokol kesehatan (Prokes) selama masa pandemi telah diterbitkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19. SE ini ditujukan khususnya pada pelaku usaha hajatan pernikahan yang hanya diperolehkan menggelar pesta pernikahan dengan  konsep standing party dan hidangan wajib dikemas dan dibawa pulang.

Namun Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surakarta yang juga Ketua Pelaksana Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di Surakarta, Ahyani, mengemukakan bahwa ada pelaku usaha terkait yang tidak menerapkan aturan yang sudah ditetap melalui SE tersebut.

Pada hari Minggu (29/11/2020), Ahyani mengatakan, “Warga, event organizer, hotel, wedding planner, mereka ada yang enggak mau menjalankan aturan itu. Padahal sebenarnya kami terbitkan edaran ini demi kepentingan bersama”.

Ahyani dalam hal ini menyebutkan ada beberapa pihak yang menetapkan aturan sendiri secara diam-diam. Namun, pihaknya tetap  mendapatkan laporan adanya pelanggaran himbauan tersebut. Dia juga mengatakan bahwa butuh kesadaran masyarakat yang tinggi. Dalam hal ini, Ahyani berkomentar kalau pesta pernikahan tidak harus mengundang orang banyak dan dengan konsep hidangan yang dibawa pulang, justru bisa dinikmati oleh satu keluarga

Seperti yang diketahui, kasus kumulatif Covid-19 di Kota Bengawan hingga akhir November ini mencapai 2.349 kasus atau hampir 2500 kasus dengan rincian, 1390 sembuh, 678 isolasi mandiri, 172 perawatan dan 109 meninggal dunia.

Dengan rincian tersebut, presentase kasus aktif berada di angka 36 persen sedangkan case fatality rate (CFR) mencapai 4,5  persen

“Angka kesembuhan lumayan tinggi, meski kasus kita enggak menunjukkan adanya penurunan,” kata dia.

Dalam waktu tiga hari saja, sejak hari Jumat-Minggu (27-29/11/2020), jumlah kasus bertambah 163 orang.  Tambahan kasus ini didominasi oleh pelacakan kontak dan pasien suspek yang naik kelas, dari suspek menjadi positif.

Incoming search terms:

  • surat edaran terbaru kota solo tentang hajatan
Tags: , ,