Satpol PP Bakal Sita KTP Bila Tidak Pakai Masker di Sukoharjo

Satpol PP Bakal Sita KTP Bila Tak Pakai Masker di Sukoharjo

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo akan menyita Kartu Tanda Penduduk atau KTP milik warga yang tidak mengenakan masker saat melakukan kegiatan di luar rumah.

Sanksi ini mulai diberlakukan setelah tiga bulan bersosialisasi tentang penggunaan masker di masyarakat Kabupaten Makmur.

“KTP akan disita sampai yang bersangkutan mengambil masker karena tahap sosialisasi tiga bulan sudah dirasa cukup,” kata Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo, Jumat (17/7/2020).

Operasi simpatik masker terus dilakukan oleh PP Satpol di Kabupaten Sukoharjo. Operasi simpatik ini menargetkan pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat umum lainnya.

Satpol PP, bekerja sama dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sukoharjo dan pihak-pihak terkait, telah melakukan razia masker di sejumlah lokasi.

Baca Juga:  Cawali Gibran Dorong Anak Muda Solo Jadi Entrepreneur

Menurut Heru, operasi semakin gencar dilakukan mengingat tren kasus Covid-19 di Sukoharjo yang masih tinggi. Melalui operasi simpatik masker di Sukoharjo, pihaknya ingin kesadaran masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah meningkat.

Pelanggan Wajib Bermasker dari Berbagai Kelompok Usia
Kebijakan ini bukan tanpa alasan. Heru menjelaskan tak dapat dimungkiri masih banyak temuan warga yang kedapatan tidak memakai masker di luar rumah. Pelanggaran dilakukan oleh semua kelompok usia mulai orang dewasa hingga anak-anak.

“Saat terjaring razia itu warga mengaku sebenarnya memiliki masker tapi tidak gunakan,” kata dia.

Heru merasa prihatin dengan masih rendahnya kesadaran warga memakai masker di Sukoharjo. Seharusnya, warga melihat fakta bahwa jumlah kasus positif virus corona di Sukoharjo terus meningkat.

Baca Juga:  Nekat Mudik Ke Solo Saat Libur Panjang, Siap-siap Dikarantina di Benteng Vastenburg

Dia berharap penyitaan KTP yang telah diberlakukan dapat meningkatkan kesadaran warga tentang penggunaan masker ketika berada di luar rumah. Penggunaan masker sangat penting untuk mengurangi penyebaran kasus positif untuk virus korona.

Apalagi sekarang semua kecamatan di wilayah Sukoharjo adalah zona merah. Ia menyayangkan fakta ini tidak diikuti oleh kesadaran warga Sukoharjo untuk mengenakan masker.

“Jadi terus kami gelar operasi simpatik kepada masyarakat agar kesadaran memakai masker meningkat,” ujar dia.

Tags: , , ,