Satu Pedagang Positif Corona, Pasar Ampel Ditutup 3 Hari

Pasar ampel terpaksa ditutup selama 3 hari, Rabu-Jumat (15-17/7), hal ini dkarenakan seorang pedagang pasar tersebut dinyatakan positif Covid-19. Pasar tutup ini ditandai dengan pintu gerbang pasar yang ditutup menggunakan palang bambu, dipasang juga tulisan berisi oengumuman penutupan di beberapa tempat, dan juga dibantu oleh petugas yang juga menyampaikan pengumuman langsung kepada para pedagang di pasar tersebut.

Selama penutupan, dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area pasar. Seperti dilakukan pada Rabu (17/7), sejumlah petugas melakukan penyemprotan secara serentak. Bagian luar disemprot cairan disinfektan dengan menggunakan mobil milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Bahkan, penyemprotan juga menjangkau beberapa sudut pasar karena mobil dilengkapi dengan selang yang panjang. Sedangkan untuk bagian dalam pasar, penyemprotan dilakukan petugas dengan menggunakan handsprayer. Petugas penyemprot juga memakai alat pelindung diri (APD). Mereka bergerak cepat menyemprot bagian kios maupun los dalam area pasar. Jika cairan disinfktan dalam tangki handsprayaer habis, langsung diisi lagi agar penyemprotan bisa dilanjutkan.

Baca Juga:  Akhir Pekan Lalu, Kasus Covid-19 di Solo Cetak Rekor

Camat Ampel, Dwi Sundarto menyatakan, penutupan pasar selama tiga hari dilakukan setelah ada satu pedagang berinisial Rmn dinyatakan positif Covid-19. Pasar juga disemprot dengan disinfektan untuk membunuh virus korona yang ada. ”Dengan penyemprotan disinfektan ini maka pasar bisa bersih dari virus penyebab Covid-19,” katanya. Selain itu, jajaran terkait juga melakukan rapid test terhadap kontak erat dari pedagang Rmn.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada penularan Covid-19 dan menjamin kondisi aman dan sehat masyarakat lainnya. Terkait jumlah pedagang di Pasar Ampel, disebutkan bahwa total ada 1.335 pedagang. Mereka terdiri atas pedagang toko atau kios sebanyak 90 orang, pedagang los 955 orang, pedagang pasar pagi 250 orang, dan pedagang kaki lima 40 orang.

Tags: