Sebagian SMP Kota Solo Tak Lanjutkan Uji Coba PTM Ke Fase II

Sebagian SMP Kota Solo Tak Lanjutkan Uji Coba PTM Ke Fase II

Lantaran kebiasaan siswa sekolah dengan kenormalan baru belum terbentuk.

Sebagian SMP di Kota Solo peserta uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM belum melanjutkan ke fase kedua.

Dwi Ariyatno selaku Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Solo menjelaskan bahwa hal tersebut sebagai bagian evaluasi PTM fase I.

Pada hari Rabu (14/4/2021), Dwi menuturkan, “Saat ini PTM uji coba memasuki fase II, tapi ada sekolah yang belum bisa melanjutkan ke fase ini. Mereka masih mengulang fase I karena pihak sekolah menilai kebiasaan siswa dengan kenormalan baru belum terbentuk”.

Untuk diketahui, uji coba PTM fase I diikuti siswa Kelas IX SMP Kota Solo dengan durasi tiga jam pelajaran (120 menit) tanpa istirahat.

Untuk pada fase II, jumlah jam pelajarannya ditambah menjadi lima dengan sekali waktu istirahat.

Sementara untuk jumlah siswa selain kelas IX akan ditambah dengan Kelas VIII yang memulai sekolah tatap muka selama jam pelajaran (120 menit) tanpa istirahat.

Menurutnya, Disdik tidak mempermasalahkan keputusan sekolah menunda fase II uji coba PTM ini.

“Itu haknya sekolah, tidak masalah menunda fase. Yang terpenting kebiasaan siswa ini berubah menyesuaikan kenormalan baru saat pandemi Covid-19. Artinya kalau kebiasaan ini dirasa belum bisa diubah, ya harus diperbaiki lagi,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu hasil evaluasi lainnya dari uji coba PTM SMP Kota Solo adalah banyak siswa batal ikut karena orang tua tidak bisa mengantar jemput.

Pihaknya mengaku bahwa dalam uji coba PTM ini salah satu poin persyaratannya yakni kesanggupan orang tua mengantar-jemput siswa tepat waktu.

Tags: , ,