Sejumlah SMP di Solo Akan Gelar Simulasi PTM Pada Pekan Depan

Sejumlah SMP di Solo Akan Gelar Simulasi PTM Pada Pekan Depan

Mulai hari Selasa (9/3/2021) mendatang, Dinas Pendidikan (Disdik) Solo berencana akan menggelar simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) bagi sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Etty Retnowati selaku Kepala Disdik Solo menjelaskan bahwa simulasi PTM tersebut sebagai persiapan untuk mengikuti rencana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pembukaan sekolah tatap muka pada bulan Juli mendatang.

Untuk informasi, simulasi PTM SMP tersebut akan diikuti sebanyak 23 sekolah. Data sekolah tersebut sebelumnya dinilai paling siap berdasarkan penilaian pengawas di wilayah masing-masing.

Berikut daftar SMP yang akan gelar simulasi PTM:
1. SMP Al Azhar Syifa Budi
2. MTsN 1
3. SMPN 4
4. SMPN 10
5. SMPN 15.
6. SMPN 27
7. SMPN 7
8. SMPN 25
9. SMPN 26
10. SMPN 6
11. SMPN 21
12. SMPN 23
13. SMPN 3
14. SMPN 22
15. SMPN 5
16. SMPN 8
17. SMP Islam Diponegoro
18. SMP Batik
19. SMP Advent
20. SMP Widya Wacana 1
21. SMP Kalam Kudus
22. SMP Marsudirini
23. SMP Islam Terpadu Nur Hidayah

Baca Juga:  Perangkat Desa Sragen Tewas Kena Jebakan Tikus

Pada hari Selasa (2/3/2021) kemarin, Etty mengatakan, “Juli nanti kemungkinan PTM sudah bisa dimulai. Untuk Solo, pada Maret ini akan mulai simulasi PTM juga sebagai persiapan agar tidak kaget. Kami laksanakan secara terbatas dan bertahap”.

Pihaknya juga berharap bahwa sekolah-sekolah tersebut mempersiapkan diri pada semua aspek, termasuk memastikan izin orang tua siswa.

“(Simulasi) PTM nanti tentu harus seizin orang tua. Kalau mereka tidak menghendaki anak mereka ikut PTM, tidak masalah. Prosedur (PTM) seperti yang ada di simulasi sebelumnya”, jelas Etty.

Sementara untuk mengenai teknis pelaksanaan proses simulasi PTM siswa SMP itu akan mengacu kepada simulasi yang sebelumnya sudah diadakan di SMPN 4, SMP Al Azhar Syifa Budi, dan MTsN 1.

Baca Juga:  Pemkab Sukoharjo Rumuskan Regulasi yang Atur Kegiatan Bulan Puasa

Terkait dengan jumlah siswa yang masuk dan teknis pembelajarannya nanti akan dimatangkan lagi. Etty menjelaskan bahwa PTM akan dimulai dari Kelas IX.

“Apakah mau masuk separuhnya dulu atau sistem lainnya nanti dibahas lagi”, katanya lagi.

Ia juga menyampaikan bahwa simulasi PTM SMP Solo ini sedianya dimulai pada hari Senin (1/3/2021) pekan ini, namun karena Solo masih dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), PTM diadakan sesudahnya.

Tags: , ,