Selain Cegah Covid-19, Penyekatan Barak Bantu Anak-Anak Tidur Lebih Awal

Sejak beberapa hari terakhir sejumlah anak Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, harus tidur di barak pengungsian. Ini menyusul status Gunung Merapi yang beralih siaga dari waspada.

Situasi ini berdampak pada kebiasaan anak-anak tidur. Mereka kini hampir tiap hari malam lebih larut di banding di rumah.

“Selama di pengungsian ini, anak-anak tidurnya jadi larut malam. Di kondisi normal, biasanya pukul 20.00 WIB itu mereka sudah tidur. Begitu di barak pengungsian ini, tidurnya jadi larut malam. Sekitar pukul 22.00 WIB-23.00 WIB baru tidur,” kata salah seorang pengungsi di barak pengungsian Balerante, Yuni, 26, saat ditemui media, di barak pengungsian, Sabtu (14/11/2020).

Guna mengatasi hal itu, lanjut Yuni, barak pengungsian di Balerante mulai diberi sekat, Sabtu (14/11/2020) siang. Pemberian sekat tersebut diharapkan dapat membantu anak-anak tidur tepat waktu saat malam hari karena ada sedikit privasi. Nantinya, setiap kepala keluarga (KK) akan menempati satu ruangan yang telah disekat tripleks.

Baca Juga:  Rumah Sakit Rujukan Di Sukoharjo Diminta Tambah Ruang Isolasi Covid-19, Ada Apa?

“Kalau sekatnya sudah jadi, semoga bisa istirahat cukup anak-anak bisa tidur mulai pukul 20.00 WIB,” kata warga Dukuh Sambungrejo, Desa Balerante tersebut.

Hal senada dijelaskan pengungsi asal Balerante lainnya, Rukinem, 62. Pemberian sekat di barak pengungsian diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan saat beristirihat, terutama di malam hari. “Kalau anak-anak tidur larut malam sampai pukul 23.00 WIB setiap harinya kasihan juga. Makanya dengan adanya pemasangan sekat bisa lebih nyaman ke depannya,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Balerante, Sukono, mengatakan barak pengungsian di desanya mulai dipasangi sekat, Sabtu (14/11/2020) siang. Pemasangan sekat difungsikan untuk mencegah Covid-19. Di samping itu, menambah kenyamanan para pengungsi. Sekat di barak pengungsian berukuran 240 cm X 240 cm. Ketinggian sekat itu mencapai 160 cm.

Baca Juga:  Pemkot Solo Larang Kegiatan Perayaan Pergantian Tahun

“Satu ruangan yang disekat digunakan untuk satu keluarga,” katanya.

Balerante merupakan salah satu desa di kawasan rawan bencana (KRB) III, dua desa lainnya ada Sidorejo dan Tegalmulyo dan ketiga desa itu ada di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

Tags: , ,