Sempat Ditutup Karena Covid-19, Pasar Sidoharjo Wonogiri Kembali Dibuka Hari Ini

Sempat Ditutup Karena Covid-19, Pasar Sidoharjo Wonogiri Kembali Dibuka Hari Ini

Diberitakan sebelumnya, per hari Senin (9/11/2020) kemarin, pasar Sidoharjo Wonogiri ditutup. Hal tersebut dilakukan lantaran ditemukannya klaster penyebaran Covid-19 dari pedagang pasar, yang kemudian merembet menjadi klaster keluarga pedagang.

Tidak hanya bangunan pasar utama saja yang akan ditutup. Namun Pasar kayu, pasar hewan, dan terminal di sekitar pasar utama juga akan ditutup untuk sementara waktu.

Saat ditutup, petugas juga bakal mensterilkan pasar, termasuk menyemprot disinfektan di seluruh penjuru pasar.

Untuk informasi, awal mula ditemukan kasus terkonfirmasi positif di Pasar Sidoharjo yakni saat digelar polling tes pada Oktober lalu.

Penutupan dilakukan karena ada tujuh pedagang di pasar tersebut yang positif Covid-19. Klaster tersebut meluas ke keluarga, tiga anggota keluarga dari pedagang dinyatakan positif Covid-19.

Namun, pada hari Jumat (13/11/2020) ini, Pemerintah Kebupaten Wonogiri memutuskan untuk membuka kembali Pasar Sidoharjo.

Baca Juga:  Jika Vaksin Corona Sudah Didistribusikan ke Solo, FX Rudy Akan Memprioritaskan Untuk Nakes

Keputusan tersebut adalah hasil dari kesepakatan pada rapat Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wonogiri yang digelar di Ruang Giri Manik, Sekretariat Daerah Wonogiri pada hari Kamis (12/11/2020) kemarin.

Edy Santosa selaku Plt Bupati Wonogiri menuturkan, “Sesuai dengan komitmen kami yang didasari Surat Edaran pada saat awal penutupan pasar, pasar hanya akan ditutup selama tiga hari. Sehingga pada Jumat, bisa kembali dibuka”.

Surat edaran yang dimaksud Plt Bupati Wonogiri tersebut adalah SE Nomor 443.1/5076 tentang Penutupan Sementara Operasional Pedagang Pasar dan Terminal Kecamatan Sidoharjo Wonogiri.

Edy juga menjelaskan bahwa meski sudah mulai dibuka pada Jumat, protokol kesehatan akan diterapkan dengan ketat.

Petugas atau tim Satgas nantinya akan melakukan pengawasan. Para pedagang maupun pembeli wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan selalu menjaga jarak.

Edy menambahkan, pedagang yang belum mengikuti tes swab, akan dites swab pada hari Jumat ini.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Solo Ancam Tutup Mall Bila Tak Taat Prokes

Para pedagang yang belum dites swab dilarang untuk beraktivitas di pasar terlebih dahulu. Untuk informasi, pedagang yang belum mengikuti tes swab sebanyak 170 orang.

“Memang harus diperketat. Pedagang yang belum swab tidak boleh beraktivitas di pasar dahulu. Hal ini agar klaster di Pasar Sidoharjo benar-benar terputus,” imbuhnya

Edy menjelaskan, “Target pedagang yang di-swab sekitar 500 orang. Tes swab dimulai sejak Senin (9/11/2020). Karena tidak semua pedagang hadir pada Senin, akhirnya tes swab dilanjutkan hari berikutnya hingga hari ini. Dan yang belum, dites swab besok (hari Jumat)”.

Seperti yang diketahui, hasil tes swab pada hari Senin sudah keluar. Hasilnya adalah dari 106 orang yang dites swab dinyatakan negatif Covid-19.

Tags: , ,