Sentra Vaksinasi Bagi Lansia Dibuka di Semarang, Solo dan Banyumas Menyusul

Sentra Vaksinasi bagi Lansia Dibuka di Semarang, Solo dan Banyumas Menyusul

Kota Semarang ditunjuk menjadi lokasi sentra vaksinasi bagi lansia dan BUMN.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, sentra vaksinasi dibuka di Kompleks PRPP Jawa Tengah sebagai upaya percepatan vaksinasi.

Sentra vaksinasi digelar bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik ditunjuknya Kota Semarang sebagai lokasi upaya percepatan vaksinasi yang dilakukan Kementrian BUMN.

Ia menargetkan pelaksanaan vaksinasi bisa rampung selama dua bulan.

Pada hari Minggu (21/3/2021) kemarin, Hendi sapaan akrab Wali Kota Semarang itu menuturkan, “Ada sekitar 194.000 lansia di Kota Semarang yang menjadi sasaran percepatan vaksinasi, tatgetnya selama dua bulan disasar 5.000 lansia per hari. Semoga berjalan lancar sesuai target, sehingga juga dapat mempercepat pemulihan ekonomi di Kota Semarang”.

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir selaku Menteri BUMN juga meninjau langsung lokasi sentra vaksinasi di Kota Semarang.

Erick Thohir menjelaskan bahwa sesuai arahan presiden pihaknya mulai mengembangkan sentra vaksinasi di Kota Semarang sebagai upaya percepatan vaksinasi khususnya bagi lansia.

Erick mengatakan, “Program sentra vaksinasi ini ditujukan terbuka bagi lansia di Kota Semarang dan garda terdepan BUMN. Nanti secara bertahap juga dilaksanakan di wilayah Jawa Tengah. Tinggal bawa KTP Semarang lalu kami akan bantu vaksinasi. Target kami 2 bulan vaksinasi terhadap lansia bisa selesai semua”.

Menteri BUMN itu juga berharap bahwa program percepatan vaksinasi hasil kerja sama antara kementrian BUMN, Kementrian Kesehatan, Gubernur Jawa Tengah, dan Wali kota Semarang ini akan berjalan dengan lancar dan target dapat tercapat sesuai rencana.

Sementara itu, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah mnegatakan terdapat lebih kurang 3 juta lansia di Jawa Tengah. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya meminta menteri BUMN untuk melakukan percepatan vaksinasi di titik lain di Jawa Tengah khususnya Solo dan Banyumas.

Pihaknya juga berharap Kota Semarang bukan satu-satunya titik yang dibuka sentra vaksinasi di Jawa Tengah.

Ganjar mengakan, “Kami sudah matur sama Pak Menteri untuk kita bicarakan nanti di beberapa titik lain di Jawa Tengah, maka di Jateng insya Allah nanti tidak hanya di Kota Semarang, tapi rencananya mungkin ada di Kota Solo dan Banyumas”.

Ia menyebut, jika rencana penambahan sentra vaksinasi terealisasi maka total lebih dari 3 Juta lansia di Jateng bisa mendapatkan vaksin.

Tags: , ,