Sepekan Ditutup Karena Covid-19, Pasar Harjodaksino Solo Kembali Dibuka

Sepekan Ditutup Karena Covid-19, Pasar Harjodaksino Solo Kembali Dibuka

Diberitakan sebelumnya, pasar Harjodaksino, Serengan, Solo terpaksa ditutup selama sepekan karena ada pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Namun, sejak hari Minggu (1/11/2020) siang kemarin, pedagang pasar Harjodaksino,Serengan, Solo mulai memasukkan barang dagangan.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah mengizinkan kepada para pedagang Pasar Harjodaksino untuk kembali berjualan per hari Senin (2/11/2020) pukul 00.00 WIB.

Listianto selaku Lurah Pasar Harjodaksino mengatakan, bahwa pada hari Minggu pukul 12.00 WIB kemarin, para pedagang mendapat izin memasukkan barang dagangan.

Sekitar 10 persen dari total sekitar 1.400 pedagang sudah mulai memasukkan barang hingga pukul 15.00 WIB.

Listianto menuturkan, “Pagi ini (Minggu pagi) kami bersama paguyuban pasar dan Satlinmas Serengan melakukan penyemprotan disinfektan. Kami membersihkan tikus yang mati akibat sering terkena disinfektan dan barang dagangan yang busuk sampai pukul 11.00 WIB. Setelah itu pedagang datang”.

Baca Juga:  Tingkat Kunjungan Mal Fluktuatif, Pengelola Berharap Pemkot Bisa Tinjau Ulang SE

Menurutnya, sejumlah barang dagangan milik pedagang Pasar Harjodaksino yang mudah busuk, antara lain buah jambu air dan sayuran.

Ia menambahkan, “Protokol kesehatan sudah kami terapkan dan kami rutin menggelar ronda masker. Protokol kesehatan akan kami tingkatkan lagi dan memperketat pengawasan supaya tidak ada yang sakit masuk pasar”.

Lurah Pasar Harjodaksino itu juga menerangkan bahwa sebanyak 60 persen pedagang Pasar Harjodaksino, merupakan warga Kabupaten Sukoharjo, sementara 10 persennya adalah warga Solo. Dan sisanya merupakan warga Karanganyar dan Boyolali.

Pengelola pasar sudah memiliki semua nomor telepon dan Whatsapp untuk menyampaikan pengumuman tersebut.

Listianto menjelaskan, “Mayoritas sudah sepuh tapi kami punya nomor telepon anaknya sehingga mudah untuk komunikasi. Dulu pasar pernah tutup dan pedagang berdoa sama-sama semoga ini terakhir kali Pasar Harjodaksino terkena Covid-19”.

Baca Juga:  Digelar 3 Desember 2020 Mendatang, Apa Beda Debat Kedua Gibran-Teguh Vs Bajo?

Sementara itu, Sugeng Budi Prasetyo -Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan Kota Solo- menyampaikan bahwa Pasar Harjodaksino kembali beroperasi mulai hari Senin. Pedagang boleh mempersiapkan stok barang sejak hari Minggu siang.

Tags: , ,