Seratusan Pengunjung Alun-Alun Karanganyar dan Taman Pancasila Dihukum Karena Tak Pakai Masker

Seratusan Pengujung Alun-Alun Karanganyar dan Taman Pancasila Dihukum Karena Tak Pakai Masker

Sebanyak 50 personel tim gabungan yakni dari Kodim 0727/Karanganyar, Polres Karanganyar, Satpol PP Karanganyar dan BPBD Karanganyar pada Sabtu malam (25/7/2020) lalu melakukan razia masker ke sejumlah pusat keramaian di Kabupaten Karanganyar.

Razia yang dimulai pukul 19.30 WIB dan berakhir pukul 21.00 WIB menyasar pusat kuliner dan perbelanjaan di Alun-Alun Karanganyar dan Taman Pancasila.

Yopi Eko Jati Wibowo -Kepala Satpol PP Karanganyar- mengatakan bahwa seratusan orang terjaring razia karena mereka nekat tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Yopi menuturkan, “Razia masker menyasar pusat kuliner di Taman Pancasila dan Alun-Alun Karanganyar. Hasil razia ada pedagang di Taman Pancasila yang tidak memakai masker. Dia kami minta tutup dan pulang. Kalau pedagang di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar tertib. Pengunjung yang paling banyak ngeyel”.

Baca Juga:  Mayat Seorang Wanita Ditemukan Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo

Ia menjelaskan bahwa pengunjung yang tidak memakai masker didominasi remaja hingga dewasa. Rata-rata mereka mengaku lupa mengenakan masker.

Yopi juga menambahkan, “Yang di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar ada 70 orang dan di Taman Pancasila ada 30 orang. Mereka itu pengunjung. Jalan-jalan ke tempat umum tidak mengenakan masker. Alasan mereka lupa. Itu alasan klasik. Artinya mereka membandel, abai, tidak peduli”.

“Pengunjung kami beri pembinaan. Sebelumnya, kami catat identitas. Mereka kami berikan hukuman agar mengingat dan berjanji memakai masker saat beraktivitas ke luar rumah”, imbuhnya.

Mereka yang tidak memakai masker dikenakan hukuman menyanyikan lagu wajib, push up hingga menghafalkan Pancasila. Mereka juga akan di data identitasnya oleh petugas.

Baca Juga:  Pada Januari 2021, Pemkot Solo Pastikan Manahan Steril Dari Pedagang Demi Piala Dunia U-20

Selain itu, petugas akan bertindak tegas apabila orang-orang tersebut terjaring razia masker pada kesempatan lain. Tindakan tegas itu berupa penyitaan KTP. Rencana, tim gabungan melaksanakan razia masker rutin setiap pekan di Alun-alun Karanganyar dan Taman Pancasila.

Yopi menegaskan bahwa Satpol PP bersama satgas di setiap kecamatan akan melaksanakan razia masker di objek wisata setiap Minggu. Yopi menyampaikan petugas akan menindak tegas masyarakat yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

Tags: , ,