Setelah SMAN 3 dan SMK Milkhael, 8 SMA/K Solo Lainnya Ajukan Simulasi PTM

Delapan sekolah Kota Solo yang meliputi satu SMA dan tujuh SMK mengajukan izin menggelar simulasi pembelajaran tatap muka atau PTM di masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan data dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wilayah VII Jateng, hingga Kamis (05/11/2020) pukul 14.30 WIB, satu SMA dan tujuh SMK itu tidak termasuk SMAN 3 dan SMK Mikael yang sudah lebih dulu menggelar simulasi.

Sekolah tersebut adalah SMAN 1, SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMK Batik 1, SMK Sahid. Kepala Cabang Disdikbud Wilayah VII Jateng, Suyanta, mengatakan syarat pengajuan sebagai penyelenggara simulasi PTM adalah buku panduan dan video simulasi.

Baca Juga:  Tahun 2021, Sekolah-Sekolah di Karangayar Siap PTM

“Saat SMAN 3 dan SMK Mikael mulai menjalankan simulasi PTM, kami memberikan kesempatan kepada sekolah lain untuk mengajukan diri dalam kepesertaan simulasi PTM berikutnya. Syaratnya harus sudah punya buku panduan dan video simulasi sekolah masing-masing,” ujar Suyanta, Kamis (05/11/2020).

Menurutnya, SMA dan SMK Solo yang ingin menggelar simulasi PTM dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan prosedur operasi standar (POS) ini sebenarnya cukup banyak. Namun, sebagian dari mereka belum memenuhi dua persyaratan itu dalam pengajuan.

Selanjutnya, sekolah pengusul tersebut akan diverifikasi oleh tim Cabang Disdikbud dan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo. Jika memenuhi syarat, sekolah tersebut dapat ikut simulasi PTM berikutnya.

Sebelumnya, sejumlah kepala SMA dan SMK Kota Solo menyatakan minat mereka menyelenggarakan simulasi PTM. Kepala SMAN 1 Solo, Harminingsih, mengatakan juga sudah bersiap dan mengusulkan simulasi.

Baca Juga:  Jelang Pilkada 2020, Polda Jateng Fokus Pada 2 Kabupaten Soloraya

“Memang semua sekolah sudah diminta membuat persiapan PTM. Jadi SMAN 1 juga sudah melakukan persiapan itu. Video simulasi PTM sudah kami siapkan, rapat sudah beberapa kali kami lakukan, buku panduan sudah hampir siap,” jelas Harminingsih dalam wawancara kepada media sepekan yang lalu.

Tags: , ,