Sindikat Pemalsu STNK Mulai Terbongkar

Satreskrim Polres Karanganyar meringkus pelaku pemalsu STNK mobil berinisal EA (33) dan GNY (30). Dua pelaku ini melayani pesanan STNK palsu dari pemilik mobil yang ingin menghindari tagihan perusahaan pembiayaan.

“Polisi berhasil menelusurinya sehingga pelaku tertangkap pada 20 Juli lalu. Polisi juga mengamankan berbagai barang bukti seperti perangkat cetak dan komputer dari pelaku. Juga berbagai perangkat stempel yang dipakainya memalsukan STNK,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi kepada wartawan dalam gelar barang bukti kasus tersebut, Senin (27/7).

Ia mengatakan kasus ini terbongkar dari penelusuran aparat Satlantas. Polisi mencurigai STNK milik seorang pengendara yang terjaring razia lalu lintas. Setelah dipastikan dokumen tersebut palsu, kemudian kasusnya dilimpahkan ke reskrim.

Baca Juga:  Pemkab Karanganyar Minta Jangan Ada PHK Besar-Besaran Imbas UMK Naik

Pelaku membuat STNK palsu dengan cara menghapus identitas di STNK asli kemudian mengganti sesuai dengan nama pemesan.

Cara kedua dengan menggunakan kertas biasa tercetak format STNK kemudian dipasang hologram agar seperti aslinya.

Berbekal aplikasi desain di komputer, para pelaku mahir mengolahnya. Berdasarkan pemeriksaan, para tersangka mengatakan pemesannya adalah pemilik kendaraan bermasalah angsuran dengan perusahaan pembiayaan.

“Para pemesan merupakan pemilik kendaraan yang menunggak cicilan. Mereka menghindari penagih utang. Mereka juga menggunakan STNK palsu ini agar lolos razia kepolisian,” katanya.

Sejumlah barang bukti diamankan seperti perangkat komputer, stempel kepolisian dan kantor pajak serta gulungan hologram.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 263 KUHP ayat 1 dan 2 jo pasal 55 KUHP tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman lebih dari lima tahun penjara.

Tags: , ,