SIPA Hari Pertama Capai Lebih dari 31 Ribu Penonton Virtual

Perhelatan Solo International Performing Arts (SIPA) 2020 dengan tema “Recognition and Acceleration” hari pertama, Kamis (10/09/2020), yang digelar secara virtual lewat kanal YouTube SIPA Festival tepat pukul 17.00 WIB sukses digelar.

Seperti pada penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, SIPA kembali menghadirkan beragam pertunjukan seni yang tidak hanya dari lingkup kota Solo dan Indonesia saja, namun juga beberapa delegasi dari negara-negara sahabat.

Tampil membuka acara, suami dari pedangdut Nella Kharisma dan juga maskot SIPA 2020, Dory Harsa membuka dengan penampilannya dengan menyanyikan hit andalannya, “Ninggal Tattu” yang diramaikan dengan  iringan tari dari Semarak Candra Kirana (SCK).

Kemudian tampil pula para penampil dari delegasi beberapa negara, seperti Burki & Com dari Republik Ceko, ASA X Faculty of Music,  UiTM Malaysia, Denqing Wen dari Tiongkok, Chao Ming Tung dari Taiwan dan beberapa delegasi lainnya yang tampil melalui video yang direkam dari negara masing-masing.

Masing-masing dari delegasi  menampilkan karya seni yang beragam, mulai dari tarian kontemporer, permainan musik tradisional dan tarik suara.

Hadir pula delegasi dalam negeri, seperti Galih Suci Manganti dari  Yogyakarta, Hartati dari Jakarta, Maria Magdalena dari Palangkaraya, Natalino Mella dari NTT yang juga menampilkan karya mereka dalam bentuk video.

Baca Juga:  Hari ini Polisi Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Yulia

Selain penampilan  karya seni dari delegasi, SIPA tahun ini juga menggelar SIPA Mart secara virtual yang diadakan bersamaan dengan perhelatan. Dalam sesi SIPA Mart, beberapa direktur delegasi mempresentasikan delegasi  mereka melalui aplikasi Zoom. Selain itu juga berbincang dengan beberapa tamu VIP yang dilakukan melalui aplikasi Zoom pula.

Sebagai bentuk solidaritas kepada para pekerja seni, SIPA juga membuka donasi yang bisa dibayarkan melalui transfer bank.

Sang maskot SIPA, Dory Harsa kembali tampil kedua kalinya dengan menyanyikan “Seng Tak Sayang Ilang”

Ditemui Soloraya.id setelah tampil, Dory mengaku sangat puas dengan penampilan hari ini dan kembali dia mengapresiasi SIPA sebagai pertunjukan seni yang luar biasa

“SIPA memberikan pelajaran penting bahwa seni budaya bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat” jelasnya, Kamis malam.

Ditemui oleh Soloraya.id di hari yang sama, Direktur SIPA, Irawati Kusumorasri, menjelaskan bahwa dengan terpilihnya Dory Harsa yang merupakan penyanyi lagu pop Jawa milenial  sebagai maskot SIPA tahun ini adalah bukti bahwa anak-anak milenial jaman sekarang sudah tidak malu  lagi menyanyikan lagu Jawa sehingga budaya berbahasa Jawa di Solo tetap lestari.

Baca Juga:  Pasangan Bajo Sebut 90% Warga Solo Nyatakan Siap Dukung Mereka

“Mereka [para milenial] sekarang tidak malu lagi menyanyi lagu  berbahasa Jawa, padahal dulu angkatan saya kalau nyanyi berbahasa Jawa masih malu.” Ungkap Ira

Beberapa tokoh dari berbagai bidang juga ikut memberikan ucapan selamat atas diselengggarakannya SIPA, salah satunya dari kurator  SIPA yang juga penari dari Solo, Eko Supriyanto yang memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan SIPA 2020 secara virtual

Berdasarkan pantauan Soloraya.id, jumlah penonton di kanal YouTube pada perhelatan di malam pertama mencapai lebih dari 31 ribu. Direktur SIPA, Irawati Kusumorasri, menargetkan jumlah audiens bisa mencapai 50 ribu dalam satu bulan untuk perhelatan 3 malam itu.

Total dalam 3 malam ada 59 penampil/delegasi dari 16 negara, termasuk Indonesia. Dari 59 penampil/delegasi itu, hanya 8 delegasi yang tampil secara live lokasi siaran yang mengambil tempat di Taman Budaya  Jawa Tengah (TBJT)

SIPA masih akan berlangsung menghadirkan penampilan seni dari berbagai delegasi secara virtual di kanal YouTube hingga tanggal 12 September 2020 mendatang

Tags: , ,