SMAN 1 Polokarto Sukoharjo Ditutup Sementara Lantaran 11 Guru Positif Covid-19

SMAN 1 Polokarto Sukoharjo Ditutup Sementara Lantaran 11 Guru Positif Covid-19

Lantaran terdapat 11 guru sekolah tersebut yang terkonfirmasi positif Covid-19, SMAN 1 Polokarto, Sukoharjo, ditutup sementara waktu.

Belasan guru yang terkonfirmasi virus corona tersebut kini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Menurut informasi dari berbagi sumber, pada hari Rabu (11/11/2020) kemarin, terdapat 17 guru yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Para guru tersebut telah menjalani uji swab pada 4 November 2020 lalu oleh petugas Puskesmas Polokarto.

Hasil pemeriksaan yang keluar pada hari Selasa (10/11/2020), menyebutkan bahwa sebanyak 10 guru terkonfirmasi positif dan juga terdapat satu guru inkonklusif.

Untuk mencegah persebaran Covid-19 semakin meluas, akhirnya aktivitas SMAN 1 Polokarto ditutup sementara mulai 10 November 2020 lalu.

Darno selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo menyebut bahwa sudah mendapat laporan terkait hal ini.

Baca Juga:  Lampu Dinyalakan, Tanda Musim Perayaan Telah Tiba

Laporan tersebut juga disertai dengan surat salinan hasil uji swab dari para guru sekolah yang dimaksud.

Penularan Covid-19 di sekolah tersebut diduga berasal dari salah satu guru yang terinfeksi virus Covid-19 namun tak bergejala.

Pada Rabu (11/11/2020) kemarin, Darno menuturkan, “Ada salah satu guru terpapar Covid-19 dan berinteraksi dengan guru lainnya di sekolah. Setelah ditelusuri satuan tugas penanganan Covid-19 tingkat kecamatan, ada 17 kontak erat pasien positif. Mereka langsung menjalani uji swab“.

Pihaknya kemudian langsung berkordinasi dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Sukoharjo guna mengantisipasi penularan Covid-19 dalam lingkungan sekolah.

Keputusannya, SMAN 1 Polokarto tutup sementara hingga para guru yang positif Covid-19 itu sembuh.

Meski begitu, penerapkan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ), para guru dan karyawan sekolah tetap masuk untuk memberikan materi pelajaran kepada para siswa secara daring atau online.

Baca Juga:  Nekat Mudik Ke Solo Saat Libur Panjang, Siap-siap Dikarantina di Benteng Vastenburg

Darno menambahkan, “Ini kasus kali pertama penutupan sementara sekolah akibat pandemi Covid-19. Saya berharap para guru dan karyawan sekolah mematuhi anjuran pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19”.

Terkait pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka terbatas, Darno belum memberikan lampu hijau.

Sementara itu, status kejadian luar biasa (KLB) dan masa tanggap darurat Covid-19 juga belum dicabut oleh Bupati Sukoharjo yakni Wardoyo Wijaya.

Kepala SMAN 1 Polokarto, Sutikno, berharap para guru segera sembuh dan bisa kembali membimbing dan mengajari materi pelajaran kepada siswa.

Incoming search terms:

  • sma polokarto 1 positif korona
Tags: , ,