Soal Data Denny Siregar, Telkomsel Laporkan Hasil Investigasi ke Polisi

Soal Data Denny Siregar, Telkomsel Laporkan Hasil Investigasi ke Polisi

Terkait dugaan kebocoran data yang dialami penulis yang juga dikenal sebagai penggiat media sosial, Denny Siregar, operator Telkomsel telah melakukan investigasi.

Pada Rabu (8/7) lalu, Telkomsel menyatakan telah membuat laporan secara resmi perihal investigasi internal kepada Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Telkomsel juga mengatakan investigasi ini sesuai dengan arahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Di sisi lain, Telkomsel enggan menjelaskan detail hasil investigasi dengan dalih hasil tersebut adalah ranah penyidik.

Dalam keterangan resminya pada Jumat (10/7/2020) ini, Andi Agus Akbar – Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel- menjelaskan, “Berkaitan hal tersebut dan sebagai tindak lanjut atas arahan yang telah disampaikan Kementerian Kominfo RI, Telkomsel telah melakukan proses investigasi dan menindaklanjutinya dengan mengajukan laporan resmi kepada aparat penegak hukum melalui Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada tanggal 8 Juli 2020”.

Baca Juga:  Perantara Suap Eks Bupati Kepulauan Talaud Dieksekusi KPK ke Sukamiskin

Telkomsel mempercayakan sepenuhnya pada proses hukum yang sudah berjalan, sesuai aturan yang berlaku. Andi juga menyayangkan kebocoran dan penyalahgunaan data yang dialami oleh Denny Siregar.

Andi menambahkan, “Sehubungan itu, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan perhatian serius untuk memastikan penanganan keluhan tersebut secara terbuka dan tuntas”.

Andi menegaskan Telkomsel selalu mengacu pada standar teknis dan keamanan yang telah ditentukan bagi kepentingan penyelenggaraan jasa telekomunikasi komersial yang ditetapkan oleh lembaga standardisasi internasional (ITU, GSMA) maupun regulasi yang berlaku.

Sebelumnya, Denny Siregar, meminta tanggung jawab perusahaan operator Telkomsel atas dugaan kebocoran data yang dialaminya. Denny bahkan berencana akan menggugat Telkomsel dan Kominfo atas kejadian yang menimpanya tersebut.

Tags: , ,