Soal Kabar “Thermal Gun Rusak Otak”, Pemerintah Angkat Bicara

Soal Kabar "Thermal Gun Rusak Otak", Pemerintah Angkat Bicara

Sebuah video berdurasi 2 menit 20 detik menjadi viral di lini masa, karena terdapat seorang pria yang mengklaim mengenai bahayanya penggunaan thermo gun bagi tubuh manusia.

Video dengan judul “Viralkan !!! Radiasi Laser Thermo Gun Ternyata berbahaya, Simak Penjelasannya” yang diunggah Channel YouTube Mayor Saleh Nasionalis Karaeng Sila.

Mengenai hal tersebut, pemerintah akhirnya angkat bicara. Pemerintah menjelaskan bahwa thermal gun hanya menggunakan sinar inframerah.

Dalam konfrensi pers yang disiarkan oleh akun Youtube BNPB pada hari Senin (20/7/2020) ini, Achmad Yurianto -Juru Bicara Pemerintah Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19- menuturkan, “Akhir-akhir ini kita mendengar tentang pendapat bahwa thermal gun bisa merusak otak. Secara ilmiah berbagai ahli sudah mengatakan bahwa statement ini tidak benar karena thermal gun hanya mengukur dengan pancaran radiasi sinar inframerah yang setiap saat pasti akan dipantulkan oleh semua benda yang ada di sekitar kita, tidak menggunakan sinar laser, tidak menggunakan sinar radioaktif semacam X-ray, hanya inframerah”.

Baca Juga:  KPK Lelang 11 Telepon Selular Rampasan Kasus Korupsi

Yuri menambahkan, berbagai referensi menyebutkan bahwa pernyataan “thermal gun bisa merusak otak” itu salah. Selain itu, pernyataan tersebut dianggap kontraproduktif terhadap upaya pencegahan Corona.

Untuk itu, pemerintah meminta kepada masyarakat agar memperbarui informasinya dengan cara yang benar.

Masyarakat diminta untuk jangan mudah terpengaruh oleh informasi atau isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan, termasuk info mengenai thermal gun yang dapat menyebabkan kerusakan otak tersebut.

Yuri mengatakan, “Ikuti informasi ini dengan cara benar, karena itu jangan mudah terpengaruh statement yang mengatakan bahwa thermal gun berisi pancaran sinar radioaktif, sinar laser yang merusak struktur otak kita, ini tidak benar”.

Tags: , ,