Soal Pengadaan Mobil Dinas, KPK Beri Penjelasan

Soal Pengadaan Mobil Dinas, KPK Beri Penjelasan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penjelasan terkait masalah rencana pengadaan mobil dinas sejumlah pejabat KPK. Menurut KPK, selama ini pimpinan “lembaga anti rasuah itu” hingga saat ini memang belum pernah memiliki kendaraan operasional atau mobil dinas.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, pimpinan dan pejabat struktural KPK hingga saat ini selalu menggunakan mobil pribadi sebagai kendaraan operasional untuk berangkat ke kantor.

“Pimpinan (KPK) dan pejabat struktural hingga saat ini masih memakai kendaraan pribadi sampai kantor,” kata Ali Fikri kepada wartawan di Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Ali menjelaskan, jika kebetulan sedang ada kegiatan ke luar kantor, maka pimpinan atau pejabat KPK baru menggunakan kendaraan operasional kantor yang sebelumnya sudah ada.

Baca Juga:  2 Terpidana Kasus Eks Bupati Sidoarjo Dieksekusi ke Lapas Klas I Surabaya

“Jadi intinya memang tidak ada mobil dinas jabatan, baik itu untuk pimpinan maupun pejabat struktural KPK,” tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi, kelima (5) Pimpinan KPK diberitakan akan mendapatkan kendaraan dinas baru yang anggarannya lebih dari Rp 5 miliar.

Kemudian, kelima (5) Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK rencananya juga akan mendapatkan jatah mobil dinas meskipun pagu anggarannya lebih rendah dari mobil dinas Pimpinan KPK.

Hal itu terungkap dari daftar anggaran KPK untuk 2021 yang telah disetujui Komisi III DPR. Informasi yang diterima, mobil jabatan untuk Ketua KPK dianggarkan sebesar Rp 1,45 miliar.

Sedangkan untuk empat (4) Wakil Ketua KPK masing-masing dianggarkan Rp 1 miliar. Spesifikasinya adalah mobil dengan kapasitas 3.500 cc.

Baca Juga:  KPK Jelaskan Kontruksi Kasus Suap Wali Kota Tasikmalaya

Sementara itu, untuk mobil jabatan 5 Dewas KPK masing-masing dianggarkan Rp 702 juta sehingga totalnya lebih dari Rp 3,5 miliar.

Selanjutnya anggaran pengadaan mobil dinas masing-masing Rp 702 juta untuk enam (6) pejabat eselon I KPK.

Tags: , ,