Soal Program Jateng di Rumah Saja, Ini Respon Bupati Wonogiri

Soal Program Jateng di Rumah Saja, Ini Respon Bupati Wonogiri

Seperti yang diketahui, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah (Jateng) bakal memberlakukan gerakan Jateng di Rumah Saja selama dua hari yang dimulai pada pekan ini.

Mengetahui hal tersebut, Joko Sutopo selaku Bupati Wonogiri turut angkat bicara.

Jekek sapaan akrab Bupati Wonogiri itu menyatakan akan mendukung pemberlakuan program tersebut, sebagai upaya untuk menekan kasus Covid-19.

Menurutnya, tidak perlu ada spekulasi yang muncul atas rencana gubernur tersebut dan tidak perlu adu argumentasi terkait gerakan tersebut.

Pada hari Selasa (2/2/2021) kemarin, Jekek mengatakan, “Semua ikhtiar yang diambil ini punya orientasi untuk menekan persebaran Covid-19. Semoga dengan kebijakan ini mempunyai dampak yang signifikan”.

Ia sangat berharap munculnya rasa kesadaran dari masyarakat untuk disiplin dan patuh.

Baca Juga:  6.000 Vaksin Akan Dialokasikan Dinkes Solo untuk Lansia

Sehingga dengan adanya kebijakan dua hari di rumah saja tersebut bisa benar-benar menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Jateng secara umum dan di Wonogiri secara khusus.

Disinggung apakah kebijakan tersebut efektif diberlakukan di Wonogiri, Jekek menjawab bahwa pihaknya tidak memiliki indikator untuk menentukan hal tersebut.

Ia menyampaikan, “Tugas para pakar epidemiologi untuk menentukan itu. Kami tidak punya alat ukur untuk menentukan efektif atau tidak efektif”.

Menurut Jekek, yang lebih penting adalah upaya meminimalisir aktivitas ataupun objek yang bisa menjadi episentrum penularan Covid-19.

“Kita lihat saja nanti hasilnya seperti apa. Harapan kami kebijakan yang diambil jangan menjadi spekulasi, relevansinya seperti apa. Jika saat dalam penegakannya ada kendala, maka perlu dikaji ulang”, katanya.

Baca Juga:  Rumah Sakit Lapangan di Benteng Vastenburg Diresmikan

Orang nomer satu di Wonogiri itu meyakini, dalam menentukan gerakan Jateng di Rumah Saja selama dua hari tersebut, Gubernur Ganjar tetap berpedoman pada rekomendasi dari para ahli atau pakar.

Tags: , ,