Soal Vaksin Covid-19 Dari China Yang Masuk Indonesia

Soal Vaksin Covid-19 Dari China Yang Masuk Indonesia

Vaksin Covid-19 yang di produksi Sinovac Biotech Ltd, China, dikabarkan sudah mendarat di Indonesia. Uji klinis di Indonesia akan dilakukan selama 6 bulan.

Mengenai hal tersebut, Arya Sinulingga (Staff Khusus Menteri BUMN) turut angkat bicara. Ia menegaskan bahwa vaksin Covid-19 dari Sinovac Biotech sudah tiba di Indonesia dan sekarang dalam proses uji klinis tahap tiga di Bio Farma.

Melalu konfrensi pers virtual pada hari Senin (20/7/2020) kemarin, Arya menuturkan, “Kami memang berharap nanti setelah selesai uji klinis dan dites maka bisa diproduksi juga di Indonesia. Beberapa negara memang mengajak kita kerja sama”.

Ia juga menjelaskan mengenai alasan dipilihnya Bio Farma dalam melakukan uji klinis dikarenakan perusahaan farmasi ini cukup dikenal di kalangan internasional dan dianggap mampu melakukan pembuatan dan uji klinis vaksin.

Baca Juga:  Eks Sekretaris MA dan Menantunya Jalani Sidang Perdana Hari Ini

“Jadi jangan heran kalau Bio Farma memang dipercaya beberapa negara untuk diikutsertakan (dalam uji vaksin Covid-19)” imbuhnya.

Ia menambahkan “Saya dapat informasi vaksin Sinovac agak berbeda dengan yang lain karena dia agak melebar dia agak bisa untuk beberapa jenis virus corona yang berkembang. Jadi dicoba di China juga, saat ini kita proses juga coba itu”.

Sementara itu, Honesti Basyir -Direktur Utama Bio Farma- dalam keterangannya pada hari Selasa (21/7/2020) ini mengatakan, “Jika uji klinis vaksin Covid-19 fase tiga lancar, Bio Farma akan memproduksinya pada kuartal pertama 2021. Kami mempersiapkan fasilitas produksi kapasitas maksimal 250 juta dosis”.

Tags: , ,