Solo Berbenah untuk Piala Dunia U20: Renovasi Stadion hingga Datangkan Artis K-Pop

Persiapan Stadion Manahan Piala Dunia U20

Kota Surakarta atau Solo merupakan salah satu kota tuan rumah Piala Dunia U20 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Solo akan menjadi lokasi penyelenggaraan final dan upacara penutupan Piala Dunia tersebut. Untuk itu, kota ini tengah mempersiapkan diri secara matang agar dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para peserta dan penonton.

Renovasi Stadion Manahan

Salah satu persiapan utama yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta adalah renovasi Stadion Manahan Solo dan empat lapangan pendukung untuk latihan tim peserta.

Persiapan Stadion Manahan Piala Dunia U20

Renovasi ini meliputi perbaikan rumput, tribun, ruang ganti, ruang media, ruang VIP, toilet, dan fasilitas lainnya. Renovasi ini dilakukan bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan anggaran sekitar Rp 300 miliar.

Perwakilan badan sepak bola dunia FIFA telah meninjau persiapan Piala Dunia U20 di Solo pada Juni 2022 dan Februari 2023. Mereka memberikan apresiasi atas progres yang telah dicapai oleh kota ini dalam mempersiapkan stadion dan fasilitas pendukungnya. Mereka juga menyampaikan beberapa saran dan masukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Piala Dunia di Solo.

Mendatangkan artis K-Pop

Selain renovasi stadion, Pemerintah Kota Surakarta juga berencana untuk mendatangkan artis K-Pop untuk menghibur masyarakat Solo selama Piala Dunia berlangsung. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa hal ini bertujuan untuk menarik minat wisatawan lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Solo dan menikmati budaya serta kuliner khas kota ini. Gibran masih enggan menyampaikan siapa artis K-Pop yang akan diundang, namun ia berharap dapat bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam hal ini.

Gibran juga mengatakan bahwa Piala Dunia U20 merupakan kesempatan emas bagi Solo untuk mempromosikan diri sebagai kota budaya yang ramah dan modern. Ia berharap bahwa Piala Dunia U20 dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi, pariwisata, dan olahraga di Solo. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Solo dengan menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan, dan keramahan.

Dengan persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta bersama dengan pihak terkait lainnya, diharapkan bahwa Piala Dunia U20 dapat berjalan lancar dan sukses di kota ini. Selain itu, diharapkan juga bahwa Piala Dunia U20 dapat menjadi momentum bagi Solo untuk meningkatkan citra dan reputasinya sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Tags: ,