Solo Jadi Kota Mahasiswa, Apa Komentar Pemkot?

Solo Jadi Kota Mahasiswa, Apa Komentar Pemkot?

Seperti yang telah diberitakan beberapa waktu lalu, Kota Solo mendapatkan penghargaan sebagai ‘Kota Mahasiswa’ atau ‘City Of Intellectual’.

Pemkot Solo menilai bahwa penghargaan tersebut tidak terlepas dari perguruan tinggi di Kota Solo yang semakin maju.

Achmad Purnomo selaku Wakil Wali Kota Solo menjelaskan bahwa Solo memiliki sejumlah perguruan tinggi.

Terutama yakni keberadaan Universitas Sebelas Maret (UNS) yang merupakan salah satu kampus bergengsi di Indonesia.

Pada hari Minggu (15/11/2020) kemarin, Achmad menuturkan, “Saya kira pertimbangannya karena Solo memiliki banyak perguruan tinggi. Terutama UNS yang prestasinya semakin baik. Selain itu, mahasiswanya juga memiliki karakter wong Solo yang berbudaya”.

Ia juga menyebut bahwa saat ini Solo juga memiliki satu perguruan tinggi yang masih termasuk baru, yakni Akademi Bank Darah (Akbara). Kehadiran Akbara dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga:  KPU Boyolali Lakukan Penyortiran Surat Suara dengan Standar Prokes

Achmad menjelaskan, “Akbara ini didirikan Yayasan Peduli Mandiri Insani yang kebetulan saya ketuanya. Ada program studi baru, tentang kesiapsiagaan bencana. Karena seperti kita tahu, Indonesia sering terjadi bencana, jadi kami harap Akbara bisa bermanfaat bagi masyarakat”.

Tidak hanya itu, Solo juga memiliki sistem transportasi yang baik, dan murah yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa. Ditambah saat ini fasilitas transportasi bus Batik Solo Trans digratiskan oleh pemerintah.

“Sistem transportasi di Solo sudah baik dan menjangkau kampus-kampus. Terlebih saat ini bus masih gratis,” tambahnya.

Komentar juga datang dari Jamal Wibowo -Rektor UNS- yang menjelaskan bahwa UNS terus melakukan terobosan hingga membuat kampusnya bersaing dengan kampus lain.

UNS beserta Kota Solo juga dianggap memiliki karakter berbeda dengan daerah-daerah lain.

Jamal menuturkan, “Di usianya yang masih muda, 44 tahun, UNS sudah bisa bersaing dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia, dan kemarin kita sudah berstatus PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Selain budayanya yang kuat, Solo juga jadi kota vokasi”.

Baca Juga:  Sempat Bilang Perumahan Anak Yatim Piatu Akan Dibangun di Bantaran Sungai, Bajo Klarifikasi

Terkait biaya pendidikan, Jamal juga menyampaikan bahwa UNS tidak jauh berbeda dengan kampus yang lain.

“Kalau biaya pendidikan saya kita standar ya. Tapi kita membuka jalur KIP-Kuliah sebesar 25 persen, mahasiswa sama sekali tidak membayar”, katanya.

Tetapi biaya hidup di Kota Solo menurutnya terjangkau bagi masyarakat kelas menengah bawah.

“Namun memang living cost di Solo cukup terjangkau. Sebagai contoh, kami memberi bantuan living cost untuk mahasiswa dengan KIP-Kuliah Rp 600 ribu per bulan. Itu saja ada yang masih bisa mengirim untuk orang tua, kan luar biasa”, jelasnya.

Tags: , ,