Solo Raih Juara 2 Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021

Solo Raih Juara 2 Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021 Kategori Kota Terbaik II.

Penghargaan diserahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, saat pelaksanaan Musrenbang Perubahan RPJMD dan RKPD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022, di Semarang, hari Rabu (14/4/2021).

Penghargaan diberikan kepada tiga kota terbaik dan tiga kabupaten terbaik. Yakni Kota Semarang (Peringkat 1), Kota Surakarta (Solo) (Peringkat 2) dan Kota Magelang (Peringkat 3).

Sementara untuk tiga Kabupaten terbaik antara lain Kabupaten Pati, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Pekalongan.

Ganjar Pranowo dalam arahannya menyatakan pentingnya kota kabupaten untuk memiliki perencanaan yang matang di tengah pandemi Covid-19. Ia menyebutkan pentingnya akselerasi proyek-proyek strategis untuk mendorong pemulihan perekonomian.

Baca Juga:  Digelar Hybrid dari Solo, IMF 2021 Usung Tema Kebhinekaan

“Kita harus perkuat sinergi antara Pusat, Provinsi, dan Kabupaten Kota untuk pemulihan perekonomian. Lakukan terobosan baru yang inovatif untuk meningkatkan pendapatan”, katanya.

Dalam kesempatan itu Gibran mengatakan, “Alhamdulillah, puji syukur Pemkot Solo meraih Penghargaan Pembangunan Daerah 2021”.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambahkan, bahwa Solo belum bisa berpuas diri dan hal ini menjadi pecutan semangat bagi Kota Solo untuk terus memperkuat pembangunan daerah demi kesejahteraan warga.

Gibran juga menjelaskan, bahwa penghargaan tersebut diperoleh atas kinerja wali kota sebelumnya (FX Hadi Rudyatmo/Rudy).

“Itu tahun 2020, untuk pak Rudy. Saya kan cuma menerima. Kita jadikan cambuk, kerja keras lagi. Cuma juara dua”, ungkapnya.

Tags: , ,