Solo Segera Terima Dana Hibah USD 15 Juta dari UEA

Dana Hibah USD 15 Juta dari UEA

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan segera menerima dana hibah sebesar USD 15 juta atau sekitar Rp 230 miliar dari Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Hal ini setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA, Suhail Mohammed al-Mazroei menandatangani nota kesepahaman (MoU) dana hibah bersamaan dengan acara Zayed Humanitarian Day di Swissbell Solo. Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

“Uwis tanda tangan, ditunggu aja kelanjutannya. Kemarin baru ditandatangani Pak Mendagri dan Pak Menteri Suhail,” ujar Gibran di Balai Kota Solo, hari Senin (11/04/2023).

Gibran menjelaskan bahwa dana hibah tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan pembangunan di Kota Solo. Beberapa di antaranya adalah Keraton Solo, rumah tak layak huni, Islamic Center, dan rumah sakit.

“Yang kecil-kecil bisa tahun ini, termasuk rumah tak layak huni,” katanya.

Gibran juga mengatakan bahwa kerja sama dengan UEA tidak hanya sebatas dana hibah, tetapi juga meliputi bidang lainnya. Ia mengaku telah membahas hal tersebut dengan pihak UEA hingga larut malam.

“Kemarin dari Swissbell lanjut ke Alila bahas itu (Islamic Center dan rumah sakit) sampai jam 12 malam,” tuturnya.

Seperti dilansir detikJateng, akhir tahun lalu Gibran mendapat dana hibah dari UEA sebesar USD 15 juta atau sekitar Rp 230 miliar. Dari dana hibah tersebut akan dibagi ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Solo.

Tags: ,