Stadion Manahan Solo Menjadi Tempat Upacara Pembukaan APG XI 2022

Upacara Pembukaan APG XI 2022 di Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan Solo menjadi tempat upacara pembukaan APG XI 2022 (ASEAN Para Games XI 2022) dan sekaligus menjadi tempat arena perlombaan cabang olahraga atletik.

Terlihat sejak sore tadi (30/07/2022), ribuan penonton sudah memadati dan mengantri untuk masuk ke masuk Stadion Manahan.

Sesuai jadwal rencana, Wapres Ri, Ma’ruf Amin akan menghadiri upacara pembukaan APG XI 2022. Selain itu, beberapa pejabat juga akan menghadiri pagelaran APG 2022. Diantaranya, Menpora RI Zainudin Amali dan Gubernur Jawa Tengah, Hanjar Pranowo.

Pecas Ndahe dan beberapa penampilan band lokal akan menghibur penonton, sebelum acara inti berlangsung. Yang menarik, pada pertunjukan inti tersebut penonton akan dilibatkan pada atraksi human configuration.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

Dari total kapasitas Stadion Manahan yang bisa memuat 20.000 penonton, jumlah penonton pada upacara pembukaan APG sebanyak 15.000. Ini membuktikan bahwa antusias masyarakat yang ingin menyaksikan perhelatan ini sangat tinggi.

Nuansa budaya Jawa cukup terlihat dalam rangkaian acara pembukaan ASEAN Para Games XI 2022. Mulai dari tari-tarian yang dipertunjukkan, musik pengiring, pengawal defile atlet yang berkostum tokoh perwayangan, hingga ketua panitia APG 2022 yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang masuk ke stadion dengan berkuda dan berpakaian ada Jawa.

Tags: ,