Stasiun Balapan Buka Layanan Pemeriksaan Genose, Berapa Tarifnya?

Stasiun Balapan Buka Layanan Pemeriksaan Genose, Berapa Tarifnya?

Untuk informasi, Stasiun Solo Balapan telah membuka layanan pemeriksaan Genose C19 untuk penumpang kereta jarak jauh dengan tarif pemeriksaan Genose sebesar Rp 20.000.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Balapan Solo, pada hari Senin (15/2/2021) kemarin. Seperti yang diketahui, pihak stasiun pernah melakukan uji coba penggunaan alat tersebut pada awal bulan kemarin.

Pada hari Selasa (16/2/2021) ini, Supriyanto selaku Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta menuturkan, “Pemeriksaaan Genose di Stasiun Solo Balapan mulai resmi dibuka pada Senin kemarin. Besaran tarifnya hanya Rp 20.000”.

Ia menambahkan, pemeriksaan Genose C19 untuk Covid-19 sebagai syarat naik kereta api jarak jauh.

Untuk kereta lokal seperti KRL Solo-Yogyakarta tidak diberlakukan.

Baca Juga:  Tinjau Masjid Sriwedari, Gibran Ungkap Dana CSR Seret Karena Covid-19

Supriyanto menambahkan, “Penumpang sangat antusias dengan layanan pemeriksaan Genose. Ada sekitar ratusan orang yang memanfaatkan layanan tersebut”.

Fasilitas pemeriksaan Genose di Stasiun Solo Balapan ini menyusul stasiun lainnya, seperti Stasiun Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi.

“Kami mencatat rata-rata pemeriksaan Genose di stasiun sekitar 700 orang per hari. Saran kami jangan melakukan pemeriksaan secara mendadak atau dilakukan pada H-1 sebelum berangkat”, jelasnya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa terkait hasil pemeriksaan Genose C19, jika diketahui ada calon penumpang yang reaktif maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tiket KA akan dibatalkan.

“Kalau ada yang reaktif, tiket akan kita refund seluruhnya”, katanya.

Baca Juga:  Dishub Solo: Transportasi Dalam Kota Tetap Jalan

Ia juga menyampaikan bahwa calon penumpang dilarang merokok, makan, minum kecuali air putih sebelum melakukan pemeriksaan. Aturan itu diterapkan untuk meningkatkan akurasi pemeriksaan.

Untuk informasi, melalui akun resmi Instagram @keretaapikita pada 13 Februari 2021 lalu, PT KAI menyampaikan bahwa per tanggal 15 Februari 2021, pihaknya telah menambah layanan pemeriksaan GeNose C19 di delapan stasiun, sehingga total stasiun saat ini yang menyediakan layanan tersebut sebanyak delapan stasiun kereta.

Delapan stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19, yaitu Pasar Senen, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Gambir, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, dan Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Tags: , ,