Stasiun Gambir di Hari Kedua Weekend Masih Padat Penumpang

Stasiun Gambir di Hari Kedua Weekend Masih Padat Penumpang

Hari kedua libur cuti bersama, suasana di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta Pusat, tampak terlihat masih dipadati penumpang. Pantauan wartawan sekitar pukul 16:00 WIB, ratusan penumpang kereta api mulai berdatangan dan memadati seluruh tempat duduk di ruang tinggu pemberangkatan.

Sementara itu, di area rapid test yang letaknya tak jauh dari ruang tunggu penumpang, tampak terlihat juga dipadati calon penumpang sejak siang hingga sore ini. Mereka tetap tertib meski harus menunggu dan mengantre agak lama menunggu giliran dipanggil satu per satu.

“Ya, barusan selesai rapid test tadi, nunggu hasilnya (positif atau negatif Covid-19) itu ternyata nggak lama kok, tunggu sebentar sudah keluar hasilnya, paling sekitar 10 menitan,” kata Hariyanto, calon penumpang KA kepada wartawan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (29/10/2020).

Sementara itu, salah satu calon penumpang KA Bima Jurusan Jakarta Gambir-Surabaya Pasar Turi bernama Fauziyah mengatakan dirinya mengaku telah menjalani rapid test pada Rabu (28/10/2020) di Stasiun Gambir atau sehari sebelum tanggal keberangkatan pada Kamis (29/10/2020).

Baca Juga:  Antisipasi Erupsi Merapi, DPUPR Boyolali : Kondisi Jalur Evakuasi Sudah Bagus

“Saya kebetulan kemarin (Rabu) sudah rapid test di Stasiun Gambir juga, jadi hari ini (Kamis) gak usah rapid test lagi, tinggal berangkat naik KA Bima, nanti saya akan turun Stasiun Solo Balapan, kebetulan saya memang asli Wong Solo, tapi kerja dan menetap di Jakarta,” kata Fauziyah.

Sedangkan di sejumlah loket penjualan langsung maupun ticket box (pembelian tiket secara mandiri/self serving) pun tampak lengang tidak tampak antrean penumpang yang akan mencetak tiket secara mandiri.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun, puncak kepadatan penumpang pada cuti libur panjang terjadi pada Rabu (28/10/2020) kemarin.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyebutkan sediktnya ada 9.696 orang yang sudah memesan tiket keluar Jakarta atau 98 persen dari total 9.748 tempat duduk yang tersedia.

Baca Juga:  KPK Tahan Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna

Dari total pemesanan tiket tersebut, 3.381 di antaranya terjual untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, 5.750 tiket dari Stasiun Pasar Senen dan 565 tiket dari Stasiun Jakarta Kota. Dari total itu, pemesanan tiket paling banyak untuk keberangkatan siang ke malam.

Sedangkan ketersediaan jumlah tempat duduk yang disiapkan tetap dibatasi dengan kapasitas maksimal hanya 70 persen dari total kapasitas keseluruhan.

Peraturan tersebut dilakukan agar penjagaan jarak fisik antar penumpang di kereta untuk protokol kesehatan tetap dapat diterapkan untuk mencegah penularan wabah pandemi global Coronavirus (Covid-19).

Tags: , ,