Tak Kalah Dengan Solo, Balap Lari Liar Wonogiri Peroleh Peserta Via Medsos

Tak kalah dengan Solo, balap lari liar juga digandrungi oleh kalangan muda di Wonogiri.

“Sebelum dilaksanakan balapan lari, admin akan mengumumkan kapan waktu balapan lari di akun instagram,” ungkap salah satu inisiator balapan lari yang juga pemilik akun instagram balapan lari di Wonogiri, Boncel kepada wartawan, Minggu (20/9).

Melalui media sosial admin akun di Instagram, digunakan untuk mengatur dan menentukan lawan tanding bagi calon peserta balapan lari.

Soal kapan waktu balapan, tergantung admin penyelenggara. Sehingga, tak dapat dipastikan kapan balap lari itu dilakukan. Sementara itu, sebelum mengikuti balapan, untuk calon peserta diwajibkan mendaftarkan diri. Caranya sangat mudah namun milenial.

“Jadi, yang mau daftar bisa membuat story di Instagram, nge-tag akun @infobalaplariwng atau @speedrunwng. Diberi tulisan, cari musuh lari dan juga spek-spek pelari juga ditulis. Pokoknya yang lucu-lucu-lah,” jelasnya.

Baca Juga:  Ekspedisi Gunung Chimborazo Malimpa UMS

Dikatakan, spesifikasi yang dimaksud adalah pencerminan dari peserta lomba, meskipun lebih untuk guyonan saja. Contohnya, seperti dalam spesifikasi yang ditulis meliputi nama, sampai prestasi.

Boncel menuturkan, yang berminat mendaftarkan diri wajib menambahkan keterangan berat badan dan tinggi badan. Nantinya, para admin akan menentukan lawan berdasarkan kelasnya. Dia menyebut hal itu seperti ajang grand prix. Jika di ajang grand prix berdasarkan cc motor, tapi di balapan kini kelasnya ditentukan oleh berat badan.

Ada beberapa kelas dalam balap lari itu. Pertama, bobot 55-60 kilogram, lalu 60-65 kilogram, 65-70 kilogram dan seterusnya. Hal ini menurut dia agar lawannya seimbang. Sebab, tak menutup kemungkinan peserta akan mendapatkan lawan yang tak dikenal.

Baca Juga:  Nikmati Acara Solo Batik Music Festival 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo 1-2 Oktober 2022

“Cukup jadi lawan di lintasan. Selepas balapan, di luar lintasan jadi kawan,” kata Boncel.

Selain itu, imbuh dia, ada aturan lain yang menjadi pedoman peserta. Seperti di kota lain, para pelari haruslah bertelanjang kaki alias nyeker. Mereka pun harus melakukan start jongkok yang lazim dilakukan para peserta lomba lari jarak pendek.

“Pelari tak boleh mencuri start, harus sesuai aba-aba yang diberikan. Mereka harus berlari di jalurnya masing-masing. Jarak lari sudah diatur kurang lebihnya 100 meter. Ya, mirip-mirip balap lari resmi,” tandasnya.

Tags: , ,