Tak Lagi Gratis, Berikut Cara Dapat Diskon Listrik PLN

Tak Lagi Gratis Lagi, Berikut Cara Dapat Diskon Listrik PLN

Untuk informasi, mulai April hingga Juni mendatang, pemerintah berencana kembali memberikan diskon listrik PLN.

Akan tetapi kini ada sedikit perbedaan mengenai stimulus diskon listrik ini, yaitu terkait besaran diskon dan cara mendapatkan stimulus tersebut.

Bob Saril selaku Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN menyampaikan bahwa stimulus listrik pada masa pandemi ini ini diberikan untuk masyarakat kecil, pelaku usaha, dan sosial yang terdampak Covid-19.

Berikut rincian besaran diskon listrik PLN periode April-Juni 2021:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Baca Juga:  Sejumlah Negara Dilanda Gelombang Ketiga Corona, Airlangga: Covid-19 Belum Selesai

2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Cara mendapatkan diskon listrik April 2021:

1. Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik.

2. Adapun bagi pelanggan pasca bayar, diskon diberikan langsung dengan memotong tagihan listrik pelanggan.

Bob menjelaskan, “Kami mengingatkan, khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen”.

Baca Juga:  Gibran Beri Sinyal Lanjutkan Proyek Masjid Sriwedari

Untuk pelanggan listrik sosial, bisnis dan industri, pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, stimulus listrik secara otomatis memotong tagihan rekening listrik.

Adapun potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban atau abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Seperti yang diketahui, PLN telah memberikan stimulus listrik sejak April 2020 sebesar Rp 13,15 triliun kepada 33,02 juta pelanggan. Sementara pada triwulan 1 (Januari-Marer 2021) pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp 4,66 triliun untuk stimulasi listrik.

Tags: , ,