Taman Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu Kembali Dibuka, Pengunjung Dibatasi

Taman Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu kembali dibuka, Pengunjung Dibatasi

Jumat (3/7/2020) pukul 15.00 WIB kemarin, Bupati Karanganyar, Juliatmono, dan Kepala BKSDA Jawa Tengah (Jateng), Darmanto, secara simbolis membuka objek wisata Taman Wisata Alam (TWA) Grojogan Sewu, Tawangmangu, Karanganyar.

Selama beberapa waktu terakhir, objek wisata ini memang terpaksa tutup karena pandemi Covid-19. Pengelola hanya membersihkan kawasan wisata agar tidak terlihat kotor.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengingatkan pengunjung untuk taat protokol kesehatan. Hal itu dilakukan agar Grojogan Sewu tidak menjadi klaster baru persebaran Covid-19.

Senada dengan Bupati, Pengelola TWA Grojogan Sewu, PT Duta Indonesia Djaya, menerapkan sejumlah kebijakan berkaitan dengan kunjungan wisatawan selama masa kenormalan baru pandemi Covid-19. Salah satu kebijakan yang diambil adalah pembatasan durasi kunjungan per orang maupun rombongan di kompleks Grojogan Sewu.

Baca Juga:  Tak Berizin dan Berkerumun, Lomba Mobile Legends di Solo Dibubarkan

Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Grojogan Sewu membatasi kunjungan maksimal 1-1,5 jam per pengunjung.

Langkah itu diambil untuk mengantisipasi kunjungan wisatawan membeludak setelah pemerintah mengizinkan Grojogan Sewu buka kembali. Direktur PT Duta Indonesia Djaya, Sukirdi, menuturkan pengelola sudah melaksanakan simulasi berulang kali dengan sejumlah skenario yang kemungkinan terjadi di lapangan.

Sukirdi menuturkan, “Antrean kan sudah kami atur. Mulai Sabtu hingga satu pekan ke depan itu kami hanya buka satu loket, di loket satu. Nanti pintu keluar di loket dua. Dari loket dua ke pintu masuk di loket satu itu kami siapkan kendaraan untuk mengangkut pengunjung. Kalau pengunjung membeludak, kami sudah buat strategi”.

Baca Juga:  Lama Menikah Tapi Belum Punya Anak, Apakah Mandul?

Sukirdi juga sudah mengantisipasi apabila rombongan besar datang berkunjung. Rombongan akan dipecah menjadi beberapa kloter. Per kloter berisi maksimal sepuluh orang.

Tags: , , ,