Target Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Jateng Bakal Sasar Pedagang Pasar

Target Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Jateng Bakal Sasar Pedagang Pasar

Pada vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) tahap kedua yang dimulai di pekan ketiga bulan Februari mendatang, juga akan menyasar kepada para pedagang pasar.

Tercatat ada sekitar 870.372 pedagang pasar di Jateng yang menjadi target vaksinasi.

Yulianto Prabowo selaku Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng menjelaskan bahwa awalnya vaksinasi Covid-19 tahap kedua prioritasnya diberikan kepada pelayan publik.

Tetapi terkait adanya arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan kelompok masyarakat lainnya, maka instruksi itu akan diakomodasi.

Pada hari Senin (8/2/2021) kemarin, Yulianto menuturkan, “Rencana pekan ketiga kita mulai vaksinasi tahap kedua untuk pelayanan publik. Namun ada sedikit perubahan, dimana pedagang pasar juga akan diikutsertakan”.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

Ia juga menjelaskan bahwa selain menyasar para pedagang pasar, target sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua yakni 545.739 tenaga pendidik, 8.330 tokoh agama, 42.112 TNI, dan 35.487 Polri.

Ada juga petugas Satpol PP sekitar 5.784 orang, petugas frontline BUMN dan BUMD sebanyak 37.911 orang, dan kepala desa serta perangkat desa mencapai 101.517 orang.

Vaksinasi tahap kedua ini sendiri ditargetkan mulai digelar secara serentak pada pekan ketiga bulan Februari mendatang.

Yulianto menyampaikan, “Kami targetkan enam hari selesai. Dukungan dari vaksinator di masing-masing daerah juga sudah siap”.

Sementara itu, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jateng juga menyampaikan bahwa vaksinasi tahap kedua semula memang diprioritaskan untuk pelayan publik.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

Tetapi, setelah adanya instruksi dari Presiden, target sasaran ditambah dari kalangan masyarakat umum yang rentan terpapar Covid-19.

Ganjar mengatakan, “Kita diminta Presiden menyiapkan kelompok masyarakat tertentu yang paling rentan untuk mendapatkan vaksinasi bersamaan dengan pelayan publik. Misalnya pedagang pasar, pedagang keliling dan masyarakat rentan lainnya”.

Tags: , ,