Targetkan Sekolah Tatap Muka Juli, Vaksinasi Kota Solo Selanjutnya untuk Guru

Targetkan Sekolah Tatap Muka Juli, Vaksinasi Kota Solo Selanjutnya untuk Guru

Terkait dengan sekolah tatap muka yang ditargetkan dimulai pada bulan Juli mendatang, Pemkot Solo segera menjadwalkan vaksinasi Covid-19 terhadap para guru.

Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo menyampaikan bahwa vaksinasi untuk guru menjadi prioritas setelah tenaga kesehatan, pelayan publik dan pedagang.

Selain untuk kalangan guru, tokoh masyarakat dan tokoh agama juga akan terima vaksinasi.

Pada hari Senin (1/3/2021) kemarin, Gibran menuturkan, “Tahap selanjutnya guru, tokoh-tokoh masyarakat dan pemuka agama. Sejalan dengan instruksi Pak Nadiem (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) untuk mengejar target sekolah tatap muka di bulan Juli”.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menjelaskan bahwa Solo sebetulnya sudah siap melakukan tatap muka.

Tetapi pemkot masih tetap mengantisipasi agar tidak terjadi penambahan kasus Covid-19.

Gibran menuturkan, “Kalau Solo itu kan sebetulnya sudah siap tatap muka, akhir tahun lalu sudah simulasi, tidak ada kendala. Makanya gurunya ini kita vaksin dulu, kalau muridnya menyusul”.

Diketahui saat ini Gibran tengah fokus melakukan vaksinasi untuk pedagang dan lansia.

“Sejauh ini tidak ada kendala. Dan bisa kita simpulkan vaksin ini benar-benar aman. Kemudian harapannya dengan vaksinasi ini bisa mempercepat ekonomi”, ungkapnya.

Di sisi lain, Siti Wahyuningsih selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menambahkan bahwa saat ini masih menunggu kedatangan vaksin untuk tahap selanjutnya.

“Ini sebetulnya baru separuh yang kita distribusikan, karena separuhnya kan untuk dosis kedua. Kalau sudah ada kepastian vaksin mau datang lagi, yang ini bisa kita distribusikan dulu,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, kelompok lanjut usia (lansia) di Solo menerima vaksinasi Covid-19.

Penyuntikan vaksin tersebut telah dimulai pada hari Senin (1/3/2021) kemarin.

Ning sapaan akrabnya Kepala DKK itu mengatakan bahwa eksekusi vaksinasi lansia dilaksanakan di seluruh rumah sakit Kota Solo.

“Ada RSUI Kustati, RS PKU Muhammadiyah Solo, RS Hermina, RS dr Oen Kandang Sapi, RSUD Dr Moewardi, dan seluruh rumah sakit yang ada di Kota Solo”.

Tags: , ,