Tawangmangu Diguyur Hujan Es

Tawangmangu Diguyur Hujan Es

Pada hari Selasa (2/3/2021) sekitar pukul 15.30 WIB kemarin, warga yang tinggal di Kelurahan Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, menyaksikan fenomena alam hujan es.

Hujan es sebesar kacang tanah ini melanda selama tiga menit berbarengan dengan turunnya hujan lebat.

Dari informasi berbagai sumber, diketahui sejumlah wilayah di Kabupaten Karanganyar diguyur hujan mulai siang hari.

Parnoto -salah satu warga Blumbang- mengatakan, “Tadi sore pas hujan, sekitar pukul 15.30 WIB itu hujan turun. Di Blumbang (rumah saya) itu ada es jatuh bersamaan dengan hujan itu”.

Pranoto juga menyampaikan bahwa bukan hanya Blumbang saja, tetapi wilayah perbatasan Kelurahan Blumbang dan Desa Gondosuli juga diguyur hujan es.

“Daerah Ngroto, itu perbatasan antara Blumbang dan Gondosuli. Tapi cuma sebentar (hujan es)”, ungkapnya.

Saat ditanya berapa lama hujan es itu turun, ia menyebut bahwa hujan es hanya berlangsung sekitar dua menit. Tetapi air hujan mengguyur kawasan tersebut sekitar 15 menit.

“Cuma sebentar lalu (es) hilang. Ndang tletok, tletok, tletok, langsung hilang. Enggak ada lima menit. Hanya dua menit saja (hujan es),” ungkapnya.

Sementara itu, Rusdiyanto selaku Camat Tawangmangu juga membenarkan terkait informasi tersebut.

Rusdiayanto menuturkan, “Hujan es terjadi sore tadi. Durasinya tidak begitu lama, hanya sekitar tiga menit”.

Selain itu, pihaknya juga mengaku belum menerima laporan dari masyarakat terkait kondisi desa/kelurahan lain di Tawangmangu.

Ia tidak mengetahui secara pasti penyebab terjadinya fenomena hujan es tersebut. Hanya dirinya mengakui suhu di kawasan tersebut memang cukup dingin.

“Saya kurang tahu mengapa demikian. Tetapi memang Blumbang itu salah satu wilayah tinggi di Kecamatan Tawangmangu. (Blumbang) ada di bawah Gondosuli. Dan kalau suhu di kantor kecamatan (Kalisoro) 15 derajat Celsius, di Blumbang bisa 10 derajat Celsius”, ungkapnya.

Tags: , ,