Telegram Rilis Fitur Voice Chat 2.0 Untuk Saingi Clubhouse

Telegram Rilis Fitur Voice Chat 2.0 Untuk Saingi Clubhouse

Telegram baru saja merilis fitur obrolan suara yang siap melawan Clubhouse.

Seperti yang diketahui, pada awal 2021 ini, Clubhouse muncul sebagai media sosial yang berbeda dari kebanyakan. Clubhouse menawarkan para penggunanya untuk berkomunikasi hanya berbasis audio.

Namun Clubhouse hanya tersedia bagi pengguna smartphone iOS.

Telegram yang melihat itu sebagai celah kesempatan pun kemudian menghadirkan fitur Voice Chat 2.0.

Secara fungsi, fitur tersebut kurang lebih sama dengan Clubhouse, yakni pengguna dapat bergabung dengan saluran dan grup untuk mendiskusikan sesuatu.

Dalam laman blognya, Telegram menuliskan, “Admin saluran dan grup publik dapat menggelar obrolan suara untuk jutaan pendengar secara langsung. Tidak peduli seberapa populer pembicaraan Anda, orang-orang baru akan dapat mendengarkannya. Ini seperti radio publik yang diciptakan kembali di abad ke-21”.

Baca Juga:  Viral Balap Liar Berujung Kecelakaan di Solo

Awalnya, obrolan suara ini pertama kali muncul pada Desember lalu.

Tetapi kini setelah dilakukan pengembangan dan dinilai sudah matang, obrolan suara resmi diperkenalkan ke pengguna.

Dalam pembaruan obrolan suara ini, Telegram memberikan keleluasaan bagi peserta diskusi tersebut untuk merekam, memuat daftar peserta, tautan undangan bagi pembicara dan pendengar, judul obrolan suara, angkat tangan, hingga memungkinkan tokoh terkenal bergabung.

Selain Telegram, Twitter juga memperkenalkan fitur bernama Spaces. Seperti Clubhouse, fitur ini memungkinkan pengguna membuat ruang obrolan suara, mengajak orang lain jadi pembicara, dan pengguna-pengguna lainnya bisa ikut mendengarkan diskusi.

Facebook juga kabarnya mengembangkan layanan mirip Clubhouse. Instagram juga dikabarkan akan merilis fitur baru yakni live audio rooms. Begitu juga dengan ByteDance, induk Xiaomi, yang kabarnya meracik layanan serupa.

Tags: , ,