Tenaga Medis Terpapar Covid-19, 4 Puskesmas di Sukoharjo Ditutup

Tenaga Medis Terpapar Covid-19, 4 Puskesmas di Sukoharjo Ditutup

Setelah Klaten dan Solo, ledakan kasus Covid-19 juga kembali terjadi di Sukoharjo. Imbas dari terpaparnya sejumlah tenaga medis (nakes) di Sukoharjo positif virus corona, sebanyak 4 puskesmas di kabupaten yang berjuluk Kota Makmur itu ditutup hingga tanggal 29 Juli mendatang.

Tiga puskemas yang ditutup sementara itu diantaranya Puskesmas Kartasura, Bulu, dan Mojolaban. Seperti yang diketahui, sebelumnya terdapat Puskesmas Sukoharjo yang juga ditutup lebih dulu karena nakes positif Covid-19.

Sebagian besar nakes tersebut merupakan nakes yang bertugas di puskesmas yang kini ditutup. Mereka sebagian tidak berdomisili di Sukoharjo, sehingga tidak masuk dalam data kasus corona Sukoharjo.

Pada hari Kamis (16/7/2020) kemarin, Yunia Wahdiyati -Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten Sukoharjo- mengatakan, “Ada tiga puskesmas yang per hari ini ditutup sampai tanggal 29 Juli nanti. Ketiga puskesmas ini Kartasura, Bulu dan Mojolaban. Puskesmas kita tutup karena ada temuan nakes positif corona”.

Baca Juga:  Hotel Bintang 4 dengan Pemandangan Kampung Batik Sudah Dibuka

Yuni menjelaskan bahwa layanan kesehatan bagi warga di wilayah Bulu dialihkan ke Puskesmas Tawangsari dan Nguter. Sementara warga di Kecamatan Mojolaban bisa ke Puskesmas Polokarto dan Grogol.

Sedangkan untuk warga Kartasura, pelayanan dialihkan ke Puskesmas Baki dan Puskesmas Gatak.

Yuni juga menuturkan bahwa masih menelusuri sumber penularan Covid-19 terhadap nakes di puskesmas tersebut. Diduga, nakes di lini pelayanan kesehatan dasar ini tertular saat melacak kontak erat pasien Covid-19.

Tags: , , ,