Terapkan Eco-Friendly, Hotel Bintang Lima Solo Terima Beragam Penghargaan Hijau

Semakin berkembangnya pembangunan terutama dalam dunia perhotelan yang merebak, sangat berdampak kepada bumi dan lingkungan. Dampak signifikan yang saat ini sangat terasa adalah terjadinya pemanasan global, dan untuk mendukung setiap langkah yang dilakukan dalam mengembalikan ekosistem alam, Alila Solo menerapkan konsep bangunan ramah lingkungan.

Hotel bintang lima bertaraf Internasional yang berada di tengah kota ini, menggunakan beberapa desain dan sistem yang dirancang khusus dengan konsep eco-friendly. Rancangan konstruksi bangunan yang sejuk agar bisa meminimalkan penggunaan AC, sistem pencahayaan yang tidak menggunakan tenaga listrik secara keseluruhan, hingga penerapan Sewage Treatment Plant yaitu pengolahan limbah air secara maksimal, dimana limbah air terolah dan bisa digunakan kembali untuk menyiram sejumlah tanaman yang pada area hotel. Seluruh hal tersebut diterapkan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga:  Soal UMK Karanganyar Paling Tinggi, Bupati: Ada Rumusnya, Keputusan di Gubernur

Dengan penerapan–penerapan yang dilakukan, Alila Solo mengantongi berbagai penghargaan dan sertifikat Green Award sebagai bangunan yang berwawasan lingkungan. Dibuktikan sejak tahun 2017 hingga saat ini Alila Solo telah mendapatkan sertifikat Silver dari Earthchecked, penghargaan Subroto Award yang merupakan program dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun dikantongi dengan kategori Gedung berwawasan lingkungan hingga taraf ASEAN, tahun 2019 Alila Solo juga mendapat peringkat pertama dari Green Award Hotel yang merupakan program dari Kemetrian Pariwisata sebagai hotel berkonsep ramah lingkungan, di tahun 2020 Alila Solo telah mendapatkan penghargaan ASEAN Energy Award sebagai runner up dalam predikat Green Building yang diberikan oleh ASEAN Centre for Energy (ACE), yang diumumkan melalui virtual ceremony pada tanggal 19 November 2020.

Baca Juga:  Sidang Perdana Rusuh Mertodranan Sudah Digelar Di Semarang, Kenapa Tidak di Solo?

“Berbagai peghargaan yang kami raih membuktikan bahwa Alila Solo merupakan bangunan tertinggi se-Jawa Tengah yang berwawasan lingkungan dan penerapan-penerapan standar eco-friendly system sangat terjaga, sehingga keasrian Alila Solo memberikan kenyaman bagi siapapun yang berkunjung”. Ujar dari Tesa Pujiastuti selaku PR & Event Marketing Manager dalam press relase yang ditulisnya.

 

Tags: , ,