Terima 10.609 Dosis Vaksin, Pemkot Solo Utamakan Nakes

Terima 10.609 Dosis Vaksin, Pemkot Solo Utamakan Nakes

Pada hari Selasa (12/1/2021) kemarin, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menerima sebanyak 10.609 dosis vaksin Sinovac tahap pertama.

Vaksin tersebut kini telah disimpan di instalasi gedung farmasi Solo.

Pada hari yang sama, Siti Wahyuningsih selaku Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Solo mengatakan, “Yang datang hari ini ada 10.609 dosis vaksin Covid-19 Sinovac dan akan kita pakai tanggal 14 Januari 2021”.

Ia juga menyampaikan bahwa proses vaksinisasi pada tahap pertama akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan (nakes).

Ning, sapaan akrab Kepala DKK Solo itu menjelaskan, “Intinya vaksin Sinovac ini diberikan kepada nakes, pendukung nakes dua kali dosis. Masing-masing dosis 0,5 cc. Nanti jarak dosis satu dengan dosis dua minimal 14 hari”.

Baca Juga:  SE PPKM Jilid 2 di Solo Diteken. Apa Saja Isinya?

Seperti yang diketahui, program vaksinasi Covid-19 di Solo ini dilaksanakan di 33 fasilitas kesehatan.

“Dan ini akan diberikan kepada 33 fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh pemerintah, yaitu 17 puskesmas satu klinik Bhayangkara, kemudian 14 rumah sakit”, katanya.

Ning menyebut bahwa program vaksinasi Covid-19 baru dilaksanakan di tiga kabupaten/kota di Jawa Tengah, yakni Semarang, Kabupaten Semarang dan Solo.

Pertimbangan Solo sebagai salah satu dari tiga daerah di Jateng yang melaksanakan vaksinasi karena jumlah tenaga kesehatan di Kota Bengawan adalah banyak.

Ning menyampaikan, “Solo nakesnya banyak karena merupakan rumah sakit rujukan. Semarang rumah sakitnya juga banyak ibu kota provinsi. Solo itu kota nomor dua setelah Semarang”.

Baca Juga:  Hingga Hari ke 12 PPKM, Angka Covid-19 Koto Solo Masih Fluktuatif

Di sisi lain, FX Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo mengatakan bahwa kedatangan vaksin Covid-19 untuk memotivasi Satgas Penanganan Covid-19 dalam menekan penularan virus corona.

Menurutnya, tahap pertama vaksinasi Covid-19 akan diberikan kepada tenaga kesehatan. Kemudian setelah itu diberikan kepada anggota TNI dan Polri.

Tags: , ,