Terkait IPO Persis Solo, Gibran Minta Kaesang Tak Terburu-Buru

Terkait IPO Persis Solo, Gibran Minta Kaesang Tak Terburu-Buru

Seperti yang diketahui, Persis Solo dikabarkan akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hal ini dikemukakan oleh Kaesang Pangarep sebagai Direktur Utama PT Persis Solo Saestu (PSS) yang menyebut bahwa akan mendorong Persis melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) saat perkenalan manajemen baru beberapa waktu lalu.

Rencana tersebut pun direspons oleh BEI yang menyambut baik apabila ada klub bola seperti Persis yang ingin melantai di bursa saham.

Tak cuma menyambut, Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setya juga mengaku siap memberikan dukungan melalui diskusi dan berbagai informasi mengenai IPO untuk menjadi perusahaan tercatat di pasar modal.

Pada hari Selasa (30/3/2021), Nyoman mengatakan, “Informasi tentang rencana IPO dari Persis Solo merupakan kabar yang menggembirakan dan tentunya kami menyambut baik atas rencana tersebut”.

Menurutnya, hal ini setidaknya sudah menjadi arah yang baik dari minat klub sepak bola tanah air untuk mengelola keuangannya dengan memanfaatkan aliran dana dari pasar modal. Sebab, ia menilai IPO bisa membuat klub sepak bola tidak hanya mendapat dana segar, tapi juga pendanaan yang berkelanjutan.

Terkait hal ini, Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo turut angkat bicara soal kabar tersebut.

Gibran yang juga sekaligus kakak Kaesang Pangarep itu meminta Persis tak terburu-buru melakukan penawaran saham perdana.

Gibran mengatakan, “Untuk IPO tunggu dulu, itu prosesnya lama. Nanti dulu”.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut mengisyaratkan agar Persis perlu terlebih dulu membenahi tata kelola manajemen sebelum mendorong PT PSS sebagai perusahaan publik.

Hal tersebut dinilai tak bisa instan lantaran Kaesang dkk baru saja mengelola Persis Solo.

Orang nomor satu di Solo itu menambahkan, “Wong manajemen baru terbentuk kok langsung ngomong IPO, nanti dulu”.

Sementara itu, Ginda Ferachtriawan selaku tokoh Pasoepati yang sekaligus anggota DPRD Solo juga mendukung rencana Persis untuk terjun di bursa saham.

Menurutnya, upaya itu menjadi langkah maju agar Persis semakin memasyarakat.

Ginda menuturkan, “Ini bukan hanya soal jual beli sahamnya, tapi bagaimana masyarakat memiliki akses untuk ikut memiliki klub”.

Namun, Ginda mengakui ada jalan panjang yang perlu dilalui Persis sebelum IPO.

“Tata kelola manajemen dan prestasi tim perlu dibenahi lebih dulu,” ujarnya.

Tags: , ,