Terkait Kasus RSUD Dilaporkan, Ini Respon DPRD Karanganyar

Terkait Kasus RSUD Dilaporkan, Ini Respon DPRD Karanganyar

Diberitakan sebelumnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karanganyar dilaporkan ke polisi karena diduga telah meng-covid-kan pasien bernama Suyadi (69). Pasien merupakan warga Dusun Ngelano, Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Dalam konfrensi pers, pihak RSUD Karanganyar menerima dengan terbuka gugatan yang dilayangkan pada pihaknya. Direktur Utama RSUD Karanganyar dr Iwan Setiawan Aji mengatakan, gugatan yang dilayangkan pada pihaknya ini disebabkan adanya kekurangan dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat.

Terkait dengan hal itu, DPRD Karanganyar mendorong pihak RSUD Karanganyar agar proses pemeriksaan spesimen pasien lebih diutamakan.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi agar kasus tudingan kepada rumah sakit tidak terjadi lagi.

Pernyataan itu disampaikan oleh Anung Marwoko selaku Wakil Ketua DPRD Karanganyar untuk menanggapi dilaporkannya RSUD Karanganyar kepada polisi lantaran dituding memalsukan data atas keterangan Covid-19 terhadap pasien.

Pada hari Selasa (2/3/2021) kemarin, Anung mengatakan, “Kami telah menyampaikan kepada Pemkab Karanganyar segera memiliki sendiri PCR, sehingga proses pemeriksaan spesimen pasien yang diduga terindikasi Covid-19 hasilnya lebih cepat diketahui dan tidak menimbulkan kecurigaan masyarakat”.

Ia menambahkan bahwa dalam kasus ini, masing-masing pihak memiliki alasan yang berbeda.

Masyarakat, merasa dirugikan karena pelayanan yang dilakukan. Sementara pihak rumah sakit, menurut Anung juga telah menjalankan penanganan pasien sesuai dengan standart operasional prosedur (SOP).

Selain itu, Anung juga berharap adanya media yang baik untuk kedua pihak. Karena menurutnya, dalam kondisi seperti saat ini tidak perlu saling menyalahkan”.

“Kasus ini sudah dilaporkan dan ditangani secara hukum. Masyarakat dalam hal ini merasa dirugikan. Pihak rumah sakit mungkin sudah melakukan sesuai SOP. Semua punya argumen. Hanya saja saya menginginkan karena semuanya sudah terjadi, saya berharap kedua pihak mediasi dengan baik. Dalam kondisi saat ini tidak perlu saling menyalahkan”, katanya.

Tags: , ,