Terkait Protokol Kesehatan , Wali Kota Solo Perbarui Surat Edaran

Terkait Protokol Kesehatan , Wali Kota Solo Perbarui Surat Edaran

FX Hadi Rudyatmo selaku Walikota Solo memperbarui surat edaran atau SE tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Surat edaran tersebut berlaku mulai hari Selasa (13/10/2020) kemarin.

Isi surat edaran tersebut yakni Wali Kota melonggarkan aturan dengan memperbolehkan anak-anak usia lima tahun ke atas bepergian ke tempat publik.

Seperti yang diketahui, sebelumnya anak-anak usia 13 tahun ke bawah tidak boleh bepergian ke tempat publik.

Adapun tempat publik yang dimaksud adalah pasar tradisional, toko modern, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, tempat wisata, dan tempat bermain.

Ahyani -Ketua Pelaksana Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo- menyampaikan bahwa SE Wali Kota Solo No 067/2386 tentang Perubahan Atas Pedoman Teknis Pelaksanaan Penanganan Covid-19 itu berlaku hingga Senin (26/10/2020) depan.

Baca Juga:  APBD Boyolali 2021 Disusun, Bupati ; “Masih Fokus Covid-19 Tanpa Abaikan Pembangunan”

Kemudian, akan ada evaluasi apakah SE tersebut akan diperpanjang atau justru malah diubah.

Pihaknya mengatakan bahwa sebenarnya kunci pencegahan Covid-19 ada pada masyarakat. Mereka harus melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

SE Wali Kota Solo tersebut terbit hampir bersamaan dengan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) yang dilaksanakan oleh siswa SMP.

Ahyani menambahkan, protokol kesehatan yang tertuang dalam SE tersebut antara lain penerapan 4M yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak fisik, dan menghindari kerumunan.

Ahyani menjelaskan, “Dalam SE Wali Kota Solo tersebut kami masih melarang penyelenggaraan kegiatan yang menimbulkan kerumunan pada lingkungan rumah tinggal. Antara lain resepsi pernikahan, tasyakuran, dan sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga:  Dalam Sepekan, Sukoharjo Catat 6 Kasus Kematian Pasien Positif Covid-19

Sementara itu, Satgas juga mencatat penambahan 11 kasus baru pada hari Selasa (13/10/2020) kemarin. Sehingga, kumulatif jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 Kota Solo menembus 825 orang.

Rincinya yakni 60 orang rawat inap, 121 orang isolasi mandiri, 614 sembuh/pulang, dan 30 meninggal dunia. Sedangkan kumulatif pasien suspek menyentuh 1.226 orang.

Tags: , ,