Terminal Tirtonadi Awasi Gelombang Mudik Dini, Penumpang Akan Dites GeNose

Terminal Tirtonadi Awasi Gelombang Mudik Dini, Penumpang Akan Dites GeNose

Untuk mengantisipasi datangnya pemudik lebih awal, pengelola Terminal Tirtonadi menyiapkan sejumlah skema.

Diantaranya adalah dengan mulai memberlakukan pemeriksaan GeNose secara gratis kepada penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Pemeriksaan GeNose sebagai langkah antisipasi gelombang mudik para pekerja migran menjelang Ramadan dan Lebaran 2021.

Pada hari Senin (12/4/2021) kemarin, Joko Sutriyanto selaku Koordinator Terminal Tirtonadi mengatakan, “Larangan mudik diberlakukan 6-17 Mei. Ada kemungkinan pemudik datang lebih awal dengan munculnya kebijakan itu. Makanya, kami akan memperketat pengawasan di sejumlah akses keluar masuk terminal”.

Petugas terminal harus lebih jeli dalam melihat penumpang turun di Kota Solo atau hanya melintas.

Di sisi lain, Terminal Tirtonadi menyiagakan tim kesehatan untuk layanan tes GeNose kepada para penumpang secara gratis.

“Pemeriksaan (GeNose) kami lakukan sebagai antisipasi pada saat nanti diberlakukan larangan mudik tanggal 6-17 Mei 2021”, katanya.

“Satu dua memang ini ada orang yang datang dari luar provinsi. Kami antisipasi awal mulai hari ini acak 10 penumpang kami periksa pakai GeNose. Ini untuk antisipasi penyebaran Covid-9 di Soloraya”, jelasnya.

Joko menambahkan bahwa Tes GeNose bisa dimanfaatkan untuk skrining pemudik yang nekat masuk Kota Solo.

“Hal ini kami terapkan karena ada tren kenaikan penumpang jelang Ramadan dan mendekati Lebaran dengan kenaikan sekitar 2-3 persen dibandingkan hari biasa. Rata-rata mereka datang untuk liburan atau mengunjungi kerabat,” imbuhnya.

Joko menerangkan apabila penumpang yang diperiksa GeNose menunjukkan hasil reaktif maka akan ditempatkan di ruang isolasi terminal. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota untuk tindak lanjut terhadap penumpang reaktif hasil GeNose tersebut.

“Kita akan kerja sama Gugus Kota. Nanti akan dikarantina atau diisolasi mandiri nanti keputusan gugus,” terangnya.

Tags: , ,