Tertular Dari Ibunya, 2 Bayi Baru Lahir Positif Covid-19

Tertular Dari Ibunya, 2 Bayi Baru Lahir Positif Covid-19

Dua bayi baru lahir di Sukoharjo dikatakan positif Covid-19. Kedua bayi tersebut tertular dari ibunya yang juga dikatakan positif Covid-19. Pasien positif ibu dan bayi tersebut masing-masing berasal dari Gatak dan Mojolaban.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, menyampaikan, analisa kasus baru Covid-19 periode 13-19 Juli menurut umur rata-rata masih di usia dewasa (produktif). Sementara jika dirinci, usia termuda yakni pada bayi baru lahir atau 0 tahun dan usia tertua 60 tahun.

“Berdasarkan kelompok umur, sebagian besar pada usia dewasa 25-59 tahun sebanyak 52 orang atau 80 persen,” ujar Yunia, Hari Senin (20/7/2020).

Yunia menyebutkan, ada tujuh kasus usia rawan. Rinciannya dua kasus bayi, satu kasus balita, dua kasus anak-anak, dan dua kasus lanjut usia (lansia). Kasus bayi tersebut diduga tertular dari ibunya yang juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga:  Kemendikbud Sebut 123 Mahasiswa Positif Covid-19 Pasca Demo UU Cipta Kerja

“Bayi berasal dari Gatak dan Mojolaban. Berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Didapat dari ibunya setelah diperiksa. Kedua bayi dan ibunya saat ini dalam kondisi baik, dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Solo,” lanjut Yunia.

Untuk analisa kasus baru tersebut, berdasarkan sumber penularan pada periode 13-19 Juli, klaster tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Kabupaten Sukoharjo menduduki urutan terbanyak, yakni berjumlah sebanyak 22 kasus. Kemudian klaster kontak erat pasien Surabaya sebanyak 10 orang dan kontak erat pelaku perjalanan Jawa Timur lima orang.

“Terkait hasil pengobatan hingga 19 Juli 2020, jumlah kasus confirm meninggal sebanyak 10 orang (5,8 persen). Terdiri dari lima orang dari 132 orang pada usia dewasa (26-59 tahun) dan lima orang pada usia lebih dari 60 tahun (lansia). Jumlah penderita Covid yang telah sembuh sebanyak 80 orang (46,2 persen),” tutupnya.

Tags: , ,