Tim Gabungan Jaring 21 Pelanggar Protokol Kesehatan Di Jalur Objek Wisata Karanganyar

Tim Gabungan Jaring 21 Pelanggar Protokol Kesehatan Di Objek Wisata Karanganyar

Pada hari Minggu (4/10/2020) kemarin, tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP serta para relawan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan guna pencegahan penularan Covid-19.

Pada operasi yustisi yang digelar di depan pos polisi Bejen, Kecamatan Karanganyar kota tersebut, tim gabungan menjaring 21 pengguna jalan yang tidak mengenakan masker.

Para pengguna jalan yang terjaring operasi yustisi tersebut, hanya diberikan hukuman yakni berupa sanksi push up dan menyanyikan lagu kebangsaan serta melafalkan pancasila.

Yophi Ekojati Wibowo selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karanganyar mengatakan bahwa di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, bupati meminta kepada tim gabungan untuk selalu hadir di tengah masyarakat.

Baca Juga:  Pekan ini Risiko Covid-19 Sukoharjo Naik Ke Zona Merah

Menurutnya, bupati meminta kepada tim untuk tetap mengingatkan masyarakat agar tetap patuh dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Yophi mengatakan, “Dalam sehari, kita tiga kali melakukan operasi gabungan di 17 kecamatan. Dalam operasi ini, selain untuk mengingatkan masyarakat, kita juga memberikan hukuman berupa sanksi sosial bagi pengguna jalan yang tidak mematuhi protokol kesehatan, terutama penggunaan masker”.

Pihaknya menyebut dalam operasi kali ini, tim gabungan lebih fokus ke jalur utama menuju objek wisata yang ada di Ngargoyoso dan Tawangmangu. Sehingga warga luar Karanganyar yang masuk, betul-betul patuh terhadap protokol kesehatan.

“Jangan sampai kita warga Karanganyar yang sudah tertib, sementara warga luar tidak tertib, yang menjadi korban justru warga Karanganyar. Wisatawan yang datang dan pulang ke rumah sehat, warga Karanganyar juga aman,” imbuh Yophi.

Baca Juga:  Jangan Menutup Diri Jika Positif Corona Virus, Corona Bukan Aib

Yophi menegaskan bahwa mulai Senin (05/10/2020) ini, untuk penerapan sanksi berupa denda Rp20.000 bagi warga yang tidak mengenakan masker akan diberlakukuan efektif.

Tags: , ,