Tips Membuang Masker yang Telah Dipakai

Di tengah masa pandemi sepeti ini, dihimbau kepada masyarakat yang menggunakan masker non medis disarankan untuk merusak masker yang ia pakai terlebih dahulu sebelum akhirnya dibuang ke tempat sampah.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan masker non medis oleh orang yang tak bertanggung jawab.

“Masker jangan dibuang sembarangan apalagi ke sungai. Rusak dulu kemudian masukkan ke kantung lalu buang ke tong sampah,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Karanganyar, Bambang Djatmiko.

Sejauh ini belum ada instruksi penanganan limbah mengenai masker non medis. Akumulasinya pun belum terlalu signifikan di tempat pembuangan akhir (TPA) Sukosari Jumantono.

Sementara itu ia menerima laporan rutin pemusnahan APD bekas pakai dari RS, klinik, puskesmas dan fasilitas kesehatan milik swasta maupun pemerintah. Sejauh ini, limbah medis tersebut relatif tertangani dengan baik.

Baca Juga:  Wujudkan Masyarakat Tetap Produktif, Pemkab Boyolali Gelar Simulasi Hajatan

Ia justru mengingatkan masyarakat memakai masker bukan sekali pakai. Hal itu disarankan, agar masyarakat tidak terlalu boros dan menjaga kestabilan persediaan masker kebutuhan medis agar kebutuhan masker medis dapat tercukupi sesuai dengan kebutuhannya yang hanya digunakan bagi tenaga medis saja.

“Pakai masker yang kain dan berlapis. Bisa dicuci jika sudah kotor lalu dipakai lagi. Efektif mengurangi jumlah masker yang dibuang. Biarkan masker sekali pakai digunakan tenaga medis saja,” katanya.

Tags: , ,