TNI-Polri Akan Adang Massa yang Sambut Kepulangan Ba’asyir

Aparat TNI turut melakukan penyekatan di perbatasan Solo Raya terkait kepulangan Abu Bakar Ba'asyir.

Aparat TNI akan turut melakukan penyekatan di perbatasan Solo Raya terkait kepulangan Abu Bakar Ba’asyir yang akan bebas pada hari Jumat (8/1/2021) mendatang.

Bagi masyarakat yang terdeteksi mendatangi Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, akan diminta untuk putar balik.

Kolonel Inf Rano Tilaar selaku Komandan Korem 074/Warastratama menyampaikan bahwa penyekatan dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Hal tersebut dilakukan karena dikhawatirkan massa yang datang menyambut Abu Bakar Ba’asyir akan berjumlah besar.

Pada hari Selasa (5/1/2021) kemarin, Rano mengatakan, “Kita lakukan penyekatan agar tidak ada penumpukan massa. Jangan sampai terjadi seperti di Jakarta dan sekitarnya kemarin (penjemputan Habib Rizieq)”.

Tetapi dalam pelaksanaanya, jajaran TNI hanya membantu pihak kepolisian.

Sementara itu, Irjen Ahmad Luthfi selaku Kapolda Jawa Tengah pada sebelumnya sudah memberikan himbauan bahwa pihaknya akan membubarkan massa yang berkerumun menyambut Abu Bakar Ba’asyir.

Baca Juga:  DKK Solo Bentuk Komunitas Penyintas Covid-19

Rano menjelaskan, “Ini leading sector-nya kepolisian, kita akan di bawah kendali Kapolda dan Kapolres Solo Raya. Kemarin sudah rapat untuk mengantisipasi”.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa TNI telah menyiapkan pasukan, peralatan hingga kendaraan taktis (rantis) jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Terkait jumlah personel dan rantis, Rano mengaku akan menyiapkan personel sesuai dengan kebutuhan.

“Kami punya rantis-rantis, ada Batalyon 408, Kopassus, Kostrad, bisa kita koordinasikan untuk mendukung Kapolres yang bertugas. Rantis sudah siaga dan melakukan latihan taktis. Jumlah nanti menyesuaikan”, jelasnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Abu Bakar Ba’asyir akan bebas murni pada hari Jumat (8/1/2021) pekan ini. Melalui jalur darat, Abu Bakar Ba’asyir tiba di Ngruki sekitar waktu magrib.

Baca Juga:  Gibran Jadi Wali Kota Solo, Selvi Ananda Akan Jabat 2 Posisi Penting

Tidak ada acara penyambutan Abu Bakar Ba’asyir di ponpes. Masyarakat pun diimbau untuk tidak datang menyambut dan membuat kerumunan di sekitar ponpes.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pihak keluarga. Keluarga menegaskan bahwa tidak menggelar acara penyambutan besar-besaran atas kepulangan Ba’asyir.

Abdul Rochim -putra Abu Bakar Ba’asyir- menyampaikan bahwa tidak upacara penyambutan saat kedatangan Ba’asyir di rumahnya nanti.

Pada hari Senin (4/1/2021) kemarin, Iim sapaan akrabnya mengatakan, “Kita tidak ada acara apa-apa, karena saat ini masih pandemi Covid-19, kita tidak mau nanti jadi klaster”.

Pihaknya juga akan melakukan protokol kesehatan ketat saat kepulangan Ba’asyir.

Tags: , ,