Tren Agrobisnis Naik, Harga 3 Tanaman Hias Ini Meroket

Selain bereksperimen dalam hal masak memasak, rupaya tren mengoleksi tanaman hias juga menjadi salah satu kegiatan yang saat ini kembali digandrungi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Apalagi sejumlah tanaman hias memiliki daya jual yang cukup tinggi sehingga cukup berpotensi untuk menjadi usaha baru.

Bahkan sejumlah tanaman hias tertentu dikabarkan mempunyai harga hingga jutaan rupiah. Meski belum diketahui kapan tren ini berlangsung, banyak orang yang berburu mengoleksi tanaman-tanaman hias tersebut, mulai dari sekedar memenuhi hobi hingga untuk investasi

Kali ini Soloraya.id bakal mengupas 3 tanaman hias dengan nilai jual yang tinggi akhir-akhir ini, tanaman apa saja ya?

1. Aglonema (Sri Rejeki)

Aglonema adalah salah satu tanaman yang kini sedang diburu oleh masyarakat. Dilansir dari sebuah situs, seorang penjual sekaligus peminat Aglonema asal Madiun, Jawa Timur, bernama Eka Setyawati mengungkapkan bahwa harga yang dibaderol untuk tanaman Aglonema bervariasi yang dipengaruhi oleh jenis, warna, dan ukuran.

Baca Juga:  Hadapi Bonus Demografi, Menpora Ajak Pemuda Kreatif dan Berjiwa Wirausaha

Harga yang dipasarkan mulai dari Rp. 50 ribu hingga lebih dari Rp. 1 juta. Eka mengaku bahwa Aglonema ini memang paling banyak diburu karena daunnya didominiasi warna merah atau jenis suksom jaipong dan red anjamani. Selain itu, harga Aglonema semakin mahal apabila tanaman itu sempat menang perlombaan atau kontes tanaman.

2. Monstera

Kemunculan Monstera mulai tenar ketika tamanan ini kerap digunakan untuk dekorasi rumah minimalis, background produk jualan, dan lainnya.  Monstera sendiri bertangkai empat dan sempat dilelang dengan harga NZ$ 8.150 atau setara dengan Rp 79.7 juta. Tingginya harga tersebut dikarenakan tamanan ini tergolong langka.

Di Indonesia, jenis tamanan ini juga dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, untuk Monstera jenis obliqua lemon, Monstera deliciosa variegata, dan Monstera marmorata bisa dibanderol dengan harga Rp. 8 juta hingga Rp. 13 juta. Selain itu, Monstera yang tengah naik daun yakni jenis Monstera Adansonii atau yang biasa dikenal dengan nama Janda Bolong yang bisa terjual hingga Rp. 100 juta.

Baca Juga:  KPK Sambut Baik Perpres Supervisi

Adapun Monstera deliciosa variegate dan Monstera adanosonii memiliki kerabat yang mirip, karena keduanya memiliki bentuk yang mencolok, yakni daun yang berlubang.

3. Philodendron

Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan Pink Princess dan harganya bisa dibanderol dalam angka yang fantastis. Dilansir dari salah satu marketplace lokal, tanaman hias ini bisa dibanderol antara Rp. 1,5 juta hingga Rp. 3,5 juta per potnya. Konon harganya yang mahal ditentukan dengan jumlah helai daun yang dihargai sekitar Rp. 400 ribu per helai daunnya.

Tags: , ,