Tujuh Binatang yang Diperlombakan di Dunia

Lomba binatang

Surakarta, SOLORAYA.ID – Menjadi juara memang menjadi suatu kebanggaan bagi seseorang. Hal tersebut akan tercatat dalam perjalanan hidup seseorang. Namun bagaimana kalau hewan yang diperlombakan?

Setiap orang tentu memiliki ketertarikan dengan hewan. Beda orang beda juga binatang peliharaannya. Beberapa orang memelihara binatang bisa jadi untuk kegiatan ekonomi namun ada juga sebagai koleksi, sebagai penjaga rumah, dan alasan lainnya.

Dunia binatang memiliki banyak cerita di belahan dunia. Berikut merupakan tujuh rangkuman binatang yang dijadikan perlombaan yang menarik dan bisa mengundang tawa dan kebanggaan bagi yang terlibat di dalam perlombaan tersebut.
1. Balapan Anjing
Anjing merupakan binatang yang identik dijadikan penjaga rumah, karena tampilannya yang galak kecuali beberapa anjing tertentu. Ini dia anjing paling cepat yang sudah diakui dunia, yaitu Greyhound.
Greyhound sudah dikembangkan khusus untuk mengejar, berburu, dan balapan. Kecepatannya memang menyentuh angka 72,42 km per jam, sehingga bisa dibayangkan betapa cepatnya Greyhound ketika mereka berlari.

2. Perlombaan Kerbau
Sumba yang terkenal dengan deretan pantai yang yang jadi tujuan turis manca negara, ternyata memiliki cerita menarik juga. Masyarakat SUmba punya tradisi unik yaitu Lomba Kerbau atau bahasa Sunda dibilang Barapan Kebo. Dalam lomba, setiap kerbau dipasangkan, dan ada joki masing-masing. Lomba kerbau ini juga ternyata ada di Thailand.

3. Lomba Kicau Burung
Warna buluh burung yang indah serta ciri khas lainnya menjadi daya tarik sendiri bagi pemiliknya. Namun selain hal itu, suara atau kicauan burung menjadi daya tarik bagi seseorang. Lomba kicau burung menjadi salah satu hal yang dipertandingkan di berbagai daerah di Indonesia.

4. Perlombaan Kontes Kucing
Kontes kucing adalah sebuah acara perlombaan atau pameran tentang kucing domestik. Kucing yang boleh diikutkan kontes adalah kucing yang sehat secara jasmani dan rohani. Kontes kucing resmi yang diketahui diadakan pertama kali adalah kontes kucing yang diadakan di Crystal Pallace, Britania Raya pada tahun 1871. Saat ini Lomba kucing ini sudah merambah ke Indonesia.

5. Perlombaan Ayam
Adu ayam yang sudah melekat sebagai tradisi di berbagai daerah di Indonesia. Di Jawa Timur, lomba ayam sudah ada komunitasnya dan sudah dibuat kontes legalnya.

6. Balap Sapi
Madura yang menjadi rekat dengan Sate Madura, Potong Rambut Madura, juga erat dengan karapan Sapi. Sehingga banyak pelancong yang ingin mengetahui tradisi asli madura ini dari berbagai lokasi mulai dari turis lokal hingga mancanegara kumpul menjadi satu untuk menyaksikan adu cepat pasang sapi.

7. Balap Itik
Kalau sudah sering mendengar tentang Karapan Sapi di Pulau Madura, itu sudah biasa. Tetapi ada “pacuan” yang berbeda di Sumatera Barat, khususnya di Payakumbuh. Selain Sumbar yang terkenal dengan kelokan sembilan, lobang Jepang, dan jam gadang ada cerita lain tentang balap itik.

Itulah daftar lomba unik dan menarik di berbagai daerah di Indonesia. Bagi pecinta binatang yang lain juga mungkin pernah melihat dan mengikuti lomba atau kontes binatang lainnya.
Semoga pandemi berlalu dan perlombaan bisa digelar kembali sebagai hiburan masyarakat dan menjaga tradisi. **

Incoming search terms:

  • https://soloraya id/tujuh-binatang-yang-diperlombakan-di-dunia/
  • Binatang-binatang apa yang dilombakan?
  • Binatang-binatang apa yang dilombakan ?
  • Binatang-binatang apa yang biasa dilombakan ?
  • Binatangnya suka balapan
  • Binatang-binatang apa yang biasa di lombakan ?
  • binatang yg suka di lombakan
  • Binatang yg di jadikan pacuan
  • binatang nya bisa di lombakan
  • Binatang apa yang tidak biasa diperlombakan
Tags: , ,